Nelayan Jaring Halus Keluhkan Pencari Kerang Tank Cakar

Ketua DPW PNTI Sumut Adhan Nur SE.

medanexpress | LANGKAT - Ratusan nelayan tradisional di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat resah. Mereka mengeluhkan pencari kerang dari Belawan, yang menggunakan tank cakar di Perairan Pesisir Timur Langkat.

Hal itu disampaikan Kades Jaring Halus H Usman SPd, Sabtu (25/12) sekira jam 21.00 WIB. "Dalam dua Minggu terakhir, warga sudah resah. Nelayan terganggu, karena pencari kerang dari Belawan menggunakan tank cakar," kata dia mewakili keluhan warganya.

Dengan cara demikian, kata Usman, maka ekosistem akan rusak. Telur ikan yang ada di dasar laut, akan mati karena terkena cakar penangkap kerang. "Nelayan kita dan sekitarnya nangkap kerang dengan menggunakan tangan. Bukan dengan alat yang merusak alam," lanjutnya.

Pria berkacamata itu menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polres Langkat. Dia berharap, agar segera ada langkah serius dari pihak terkait. Karena, hasil tangkap nelayan di sana juga mengalami penurunan yang sangat drastis.

"Sejauh ini, kita sudah mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas.   Kalau nangkap kerang di perairan jaring halus dengan cara tradisional, gak masalah sama warga sekitar," ketusnya.

Menyikapi hal itu, Ketua DPW Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Adhan Nur SE berharap kepada pihak terkait, untuk segera mengambil sikap tegas. Karena, hal yang dianggap kecil, bisa saja menimbulkan dampak yang besar di kemudian hari.

"Sebaiknya, pihak terkait khususnya Kementerian Kelautan Perikanan, mengeluarkan peraturan tentang alat tangkap nelayan yang ramah lingkungan. Sehingga tidak menimbulkan konflik antar nelayan," tegas pria berdarah Melayu itu.

Kasatpol Airud Polres Langkat IPTU Heru Ediyanto SH menegaskan, pihaknya akan segera mengambil langkah persuasif. Dia bersama nelayan akan melakukan pertemuan dengan pengguna tank cakar.

"Kita akan segera memberi peringatan dan membuat perjanjian dengan nelayan yang menggunakan tank cakar. Saya berharap agar masyarakat tidak anarkis, dan tetap menjaga kondusifitas," tandas perwira ramah itu. (Ahmad)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.