Casis Diktukpa TNI AL Angkatan LII TA 2022 Laksanakan Tes Psikologi


MedanEkspress | Sidoarjo
- Sebanyak 322 Prajurit TNI AL Strata Bintara dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI AL yang merupakan Calon Siswa (Casis) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan LII TA 2022 melaksanakan tes Psikologi yang dilaksanakan di Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) Jalan Ir. Juanda Sidoarjo, Kamis (17/2/2022).

Ke-322 prajurit strata bintara ini terdiri korps Pelaut 66 orang korps marinir 72 orang sedangkan 184 orang lainya korps teknik, Elektro, Suplai, Keehatan Khusus dan Polisi Militer. Selain melaksanakan tes psikologi para Casis Diktukpa ini juga melaksanakan seleksi Akademis, Kesamaptaan Jasmani, Kesehatan dan Mental Idiologi.

Seleksi Casis Diktukpa ini merupakan implemetasi perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. 

Adapun tes psikologi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental, kepribadian, tingkat intelengensi (IQ), selain itu untuk mengetahui kebiasaan dan perilaku para prajurit Casis Diktukpa terutama pada saat menghadapi berbagai situasi dan juga  untuk memberikan gambaran karakter para prajurit.
 
Dalam Tes psikologi ini para Casis melaksakanan beberapa jenis soal psikotes antara lain soal psikotes Kraeplien Pauli yang lebih populer dengan sebutan tes koran. Tes Pauli merupakan tes perhitungan sederhana dengan menjumlahkan deretan angka-angka, mulai dari 0-9 yang tersusun dengan vertikal. 

Soal Psikotes lainya adalah logika deret gambar (Penalaran) yang memiliki konsep seperti tes logika aritmatika. Hal yang membedakannya adalah penggunaan media gambarnya yang menggunakan dua atau tiga dimensi. 

Selanjutnya soal psikotes Wartegg berfungsi untuk mengetahui karakter yang ada dalam diri seseorang. Misalnya, kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, serta kemauan dalam bekerja. Saat melakukan tes wartegg ini Casis diberikan kertas yang berisi 8 kotak yang memiliki pola berbeda-beda dengan tugas menggambar lanjutan pola-pola yang ada dalam soal. 

Sedangkan tes terakhir adalah menggambar orang dan menggambar pohon, Jenis soal psikotes satu ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar rasa percaya diri, stabilitas, dan tanggung jawab dalam bekerja.

Sumber: Dispen Kodiklatal 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label