Semangat dan Tekunnya Siswa SD Diajari Babinsa Koramil 10/SR


MedanEkspress | Sei Rampah
- Apa jadinya jika Babinsa yang selalu berpakaian loreng kebanggaan TNI itu menjadi guru atau tenaga pendidik di dalam ruang kelas? 

Inilah yang terlihat di SD Negeri Suka Damai, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Senin (28/3/2022) pagi tadi. 

Di sana, Babinsa Koramil 10/Sei Rampah, Kodim 0204/Deliserdang, Peltu Sutikno tampil dengan humanis untuk memberikan materi pelajaran tentang nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi Bangsa dan Negara Indonesia. 

"Siapa yang hapal Pancasila?" tanya Peltu Sutikno. 
Serentak para siswa menjawab dan mengangkat tangannya.  

Peltu Sutikno menjelaskan, sangat baik bagi para siswa menghapal Pancasila. Namun lebih baik lagi mengamalkan dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Pancasila adalah dasar atau pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah menuju Mufakat, serta Keadilan Sosial. 

"Karena itu, Pancasila sudah final bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Jika ada yang mau merubahnya, maka orang itu adalah musuh bangsa Indonesia yang harus ditentang bahkan dilawan," tegasnya. 

Lantas bagaimana melaksanakan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari? Peltu Sutikno memberi contoh dengan memakai masker di masa wabah Covid-19 saat ini.

"Memakai masker yang dianjurkan pemerintah adalah wujud persatuan bangsa Indonesia melawan Covid-19. Bila ada orang yang menolak memakai masker, maka itu sama artinya ia menolak Pancasila yang menjadi dasar negara kita," pungkas Peltu Sutikno. 

Kegiatan serbuan teritorial Senin Kebangsaan ini berlangsung aman dan lancar, di mana para siswa terlihat begitu tekun mendengarkan penjelasan Peltu Sutikno tentang nilai-nilai luhur dari butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Sumber: Kodim 0204/DS 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.