Tri Sila TNI AL, Nafas Prajurit Teknokrat STTAL


MedanEkspress | Surabaya - Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) secara langsung memimpin Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal Civitas Akademika STTAL bertempat di Lapangan Apel STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan. Senin (9/04/2022).

Dalam kesempatan ini Komandan STTAL mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H/2022 M bagi prajurit teknokratnya yang beragama Islam, semoga dapat bertemu kembali dengan idul fitri di tahun-tahun yang akan datang.
Disamping itu, dalam sambutannya ditekankan kepada seluruh civitas akademika STTAL agar tetap menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

Orang nomor satu di jajaran STTAL ini, juga menegaskan bahwa sebagai prajurit TNI AL harus mengedepankan kedisiplinan yang sudah menjadi ciri khas sosok prajurit TNI AL. 
Mengakhiri sambutannya, Komandan STTAL menyampaikan agar prajurit teknokrat STTAL melaksanakan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Trisila TNI AL (Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer), agar memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan Trisila TNI AL yang berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Hal ini juga dalam rangka melaksanakan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yakni "Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan dalam pengabdian sebagai prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL.

Adapun makna trisila TNI AL dalam bahasa sansekerta, “Tri“ berarti Tiga sedangkan “sila“ berarti azas atau dasar. Jadi trisila TNI ALberarti tiga azas atau pedoman dasar antara lain disiplin berarti bahwa anggota TNI ALmenaati segala peraturan dan tata tertib berdasarkan kesadaran pengabdian.

Kedua adalah hierarki berarti bahwa anggota TNI AL menempatkan diri dan bertindak sesuai dengan tata urut urutan kepangkatan, kedudukan dan jabatan didalam organisasi dan pola pembinaan TNI AL. Sedangkan ketiga adalah kehormatan militer berarti bahwa anggota TNI AL menjunjung tinggi nama baik angkatan dan negara dengan selalu berfikir, bersikap dan berbuat tanpa cela. Karena sebagai prajurit tentunya malu berbuat cela.

Sungguh dahsyat nilai-nilai yang terkandung pada Trisila TNI AL ini. Satu dengan lainnya saling berhubungan dan dalam pelaksanaan tugas tak dapat dipisahkan. Ibarat anggota tubuh saling mendukung satu dan lainnya. 

Jikalau hanya disiplin saja yang diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dan sikap hierarki serta kehormatan militer ditinggalkan atau bahkan sebaliknya, ada yang tidak disandingkan dalam penerapan makna yang terkandung didalamnya baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan bermasyarakat maka akan terjadi ketimpangan. Ibarat diri maka Trisila merupakan nafas atau nyawa. Jika nafasnya berhenti maka terjadi stagnan alias mati.

Disisi lain disampaikan bahwa saat ini era perkembangan teknologi yang  menuntut sumber daya manusia TNI AL harus bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada. Untuk itu diharapkan SDM STTAL bisa mumpuni dan unggul dibidangnya masing-masing.

Selanjutnya dengan didampingi pejabat utama STTAL melaksanakan halal bihalal dan ramah tamah penuh dengan suasana keakraban dan penuh kekeluargaan.

Sumber: Bagpen STTAL 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label