Setelah "Curhat" Gubsu, Pangdam I/BB Pastikan Satuan Jajaran Siap Membantu


MedanEkspress | Medan - Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, memastikan pihaknya beserta seluruh satuan jajaran siap membantu seluruh pemerintah daerah se Sumatera Utara dalam melakukan percepatan realisasi APBD dan pembangunan infrastruktur.

Janji Pangdam I/BB itu dilontarkan setelah "curhat" Gubsu, Edy Rahmayadi kepada dirinya serta unsur Forkopimda Sumut lainnya yang diutarakan dalam acara Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD Kabupaten/Kota dan Pembangunan Infrastruktur di Sumut TA 2022 di Santika Premiere Dyandra & Convention, Jl Kapten Maulana Lubis No.7 Medan, Selasa (31/5/2022).

"Sampai Mei 2022 ini, serapan APBD di seluruh Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara masih sangat kecil,  antara 31 hingga 10 persen. Jadi tolong kepada Pangdam I/BB, Kapoldasu dan unsur Forkopimda Sumut lainnya bantu ini agar penyerapan anggaran lebih besar, sehingga uang di tengah-tengah masyarakat tidak terganggu," ucap Gubsu Edy Rahmayadi.

Selain daya serap anggaran, mantan Pangkostrad periode 25 Juli 2015 – 4 Januari 2018 itu juga menyampaikan harapan lainnya. Yakni terkait opini BPK terhadap LKPD Pemda se Sumut di tahun 2022 ini. 

Dari 2017-2021, lanjut Edy Rahmayadi, persentase opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) pada LPKD Kabupaten/Kota se Sumut memang terus membaik. Di 2017, opini WDP sekitar 39 persen dari 33 kabupaten/kota, dan belum mengecil persentasenya di tahun 2018.

Barulah setelah 2019 persentase WDP terus menurun hingga menjadi 24 persen di 2021. Tapi ini tetap tak membuat Edy Rahmayadi gembira. 

"Meski ini (opini WDP dari BPK) sudah membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi melihat daya serap anggaran hingga Mei 2022 yang masih di bawah 40 persen, jelas menggelisahkan saya. Jadi tolong saudara-saudara ku para Bupati/Wali Kota, jangan sungkan meminta bantuan rekan Forkopimda di daerahnya masing-masing, karena ini semua kita lakukan untuk mempercepat pembangunan yang memberi kesejahteraan kepada rakyat, bangsa dan negara," urainya.

Menanggapi "curhat" Gubsu ini,  Pangdam I/BB menegaskan dukungan pihaknya melalui program pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama TNI AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Seperti bakti TNI yang salah satu bentuknya berupa TMMD. Kemudian komunikasi sosial dan ketahanan wilayah," kata Pangdam.

Kodam I/BB berkewajiban membantu dan menyukseskan program pembangunan baik nasional maupun daerah dalam rangka membantu kesulitan rakyat sekelilingnya. Hal ini sesuai dengan 8 wajib TNI. 

"Seperti TMMD. Kita bukan melakukannya untuk mendapatkan bagian dari APBD, tetapi sebagai tugas perbantuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur. Karena pekerjaannya secara finansial tidak menguntungkan bagi pihak luar, sehingga proyeknya tidak ditenderkan oleh penyedia pekerjaan (pemerintah)," ungkap Pati TNI AD abituren Akmil 1990 ini. 

Oleh karena itu, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengajak semua pihak membangun koordinasi, sinergitas dan soliditas yang lebih kuat guna mewujudkan percepatan realisasi APBD dan pembangunan infrastruktur, serta tercapainya opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pada LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) se Sumut TA 2022. 


Selain kepada Kodam I/BB, Gubsu juga berharap kepada Kajatisu dan Kapolda untuk bisa mengawal opini BPK terhadap LKPD Kabupaten/Kota di 2022 Ini.

"Bagaimana caranya kita bisa lepas dari WDP, tapi bukan tanpa prosedur. Tolong bantu saya, sehingga Sumut clear dari WDP) di tahun ini. Bila memungkinkan Katisu dan Kapoldasu siap berkantor di daerah untuk memberi pengarahan," ucap Edy lagi.

"Hanya kita dan harus kita yang melakukan, bukan orang lain. Tolong bantu penyerapan APBD agar uang di tengah-tengah masyarakat tidak terganggu," tambah Edy mengakhiri.

Dalam acara yang menghadirkan peserta dari seluruh unsur Forkopimda se Sumut itu, Kodam I/BB bertindak sebagai panitia acara. 

Sedangkan narasumber lainnya selain Pangdam I/BB, adalah Gubsu, Kapoldasu, Kajatisu, Kepala BPK Perwakilan Medan, dan Kepala BPKP Sumut.

Turut hadir di acara, antara lain Danlantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas III Medan, Kabinda Sumut, para PJU Kodam I/BB dan Poldasu, serta pimpinan OPD Pemda se Sumut.

Sumber: Redaksi MEC
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label