Atasi Bahaya Nubika, Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 Latihan Peknubika


MedanEkspress | Surabaya - Puluhan prajurit siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/2 melaksanakan latihan praktek (lattek) dasar Penyelamatan Kapal, nuklir, Biologi dan Kimua (Peknubika) bertempat di di Puspeknubika Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (28/7/2022).

Lattek Peknubika yang merupakan aplikasi dari teori yang sudah diterima di kelas sebelumnya, diikuti 54 personel meliputi siswa Kejuruan Listrik dan Kejuruan Mesin yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal). 

Kegiatan lattek diawali dengan tahap pengenalan alat-alat Nuklir, Biologi dan Kimia (Nubika) dan bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan prosedur. Dengan mengikuti Lattek tersebut, diharapkan dapat menambah dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan prajurit siswa Dikmaba TNI AL dalam bidang penyelamatan kapal dan Nubika. Dengan memiliki kemampuan tersebut pula, maka mereka siap untuk melaksanakan tugas baik di kapal perang maupun di Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Di tempat terpisah, Danpusdiktek Kolonel Laut (T) Fitanto Sony Suryono menyampaikan jika peristiwa kebakaran dan kebocoran di kapal perang maupun di Alutsista TNI AL lainnya, tidak menutup kemungkinan terjadi sewaktu-waktu. Oleh sebab itu menurutnya dari kejadian tersebut mengharuskan peningkatan kewaspadaan bagi personel yang mengawaki. 

“Melalui lattek ini, diharapkan para prajurit menjadi motor dalam pencegahan terjadinya kebakaran baik di pangkalan maupun di KRI yang sedang melaksanakan operasi.
Kodiklatal terus berupaya mencetak prajurit matra laut yang unggul, profesional dan modern, karena kedepan para siswa akan dihadapkan pada tugas-tugas yang semakin berat dan dinamis seiring dengan perkembangan teknologi,” terang Danpusdiktek.

Sumber: Dispen Kodiklatal
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.