Penanaman Mangrove Warnai Hari Jadi Lanal Banyuwangi


MedanEkspress | Banyuwangi - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Ke-51 tahun yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2022 kemarin, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori bersama Keluarga Besar Lanal Banyuwangi laksanakan penanaman 1.600 bibit Mangrove bertempat di Teluk Pang Pang Pantai Cemara Dusun Kabatmantren Desa Wringinputih Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jumat (22/07/2022).

Kegiatan ini melibatkan Forkopimka Kec. Muncar, masyarakat desa pesisir Pantai Cemara, Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Cemara dan Saka Bahari.

Dalam sambutannya Danlanal Banyuwangi mengatakan, "penanaman Mangrove di Pantai Cemara ini dalam rangka HUT Lanal Banyuwangi ke-51, semoga di usia yang ke-51 tahun ini Lanal Banyuwangi bisa memberikan manfaat kepada masyarakat desa pesisir Pantai Cemara ini. Tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk mencegah erosi dan abrasi, menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur dan menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan serta mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida", jelasnya.

"Dalam rangka menyambut Hari Mangrove Sedunia, TNI Angkatan Laut pada tanggal 26 Juli 2022 akan menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di seluruh Indonesia, mengingat pentingnya mangrove bagi kelestarian alam, kepentingan masyarakat dan pertahanan, maka kegiatan Penanaman Mangrove Nasional akan melibatkan Pemerintah Daerah, Forkopimda, unsur terkait dan stake holder", Pungkas Danlanal Banyuwangi.
 
Setelah melaksanakan penanaman Mangrove, Danlanal Banyuwangi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II, Ny. Hanun Ansori melaksanakan pemotongan kue ulang tahun dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Bhabinpotmar Lanal Banyuwangi (Koptu Ttu Rudi Hartono) dan kepada perwakilan Jalasenastri Cabang 6 Korcab V DJA II.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Perintah Harian Kasal Laksamana Yudo Margono untuk menjalin solidaritas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan dan agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat, bangsa dan negara.

Sumber: Penlanal Banyuwangi 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.