Pertemuan Senior Official Meeting Ke-5 Bakamla dan Australian Border Force


MedanEkspress | Darwin, Australia - Kerja sama Bakamla dengan Australian Border Force (ABF) semakin meningkat, hal tersebut dibuktikan dengan terlaksananya operasi bersama yang bertajuk Gannet 6/22. Salah satu program kerja sama ABF dengan Bakamla dan KKP.

Guna memperkuat kembali kerja sama dimasa depan, Bakamla dan ABF melaksanakan pertemuan kelima Senior Official Meeting di Darwin, Australia, Kamis (29/9/2022).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bakamla Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Commissioner of ABF Michael Outram beserta delegasi dari kedua lembaga maritim Indonesia dan Australia.

Pada pertemuan tersebut Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan beberapa poin penting untuk perkuatan kerja sama dimasa depan. Pertama, Bakamla sebagai lembaga Indonesia yang ke depan bertanggung jawab atas keamanan maritim di Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan kerja sama dengan lembaga maritim negara tetangga sebagai mitra strategis, termasuk dengan ABF, terutama dalam mengamankan wilayah perbatasan dan juga aspek lain dari keamanan maritim secara umum di kawasan.

Kedua, mendukung peningkatan pelaksanaan operasi Gannet pada jumlah hari dan frekuensi. Kemudian, tahun depan diusulkan untuk pelaksanaan MSDE dapat di selenggarakan di Australia. Ketiga, Bakamla selalu POC dengan ABF mendorong peningkatan pertukaran informasi terkait actionable information di perairan perbatasan atau di sekitar perbatasan.

Selain tiga poin tersebut, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menawarkan untuk kegiatan Capacity Building HACGAM dapat memanfaatkan fasilitas pelatihan yang dimiliki Bakamla di Batam.

Turut serta mendampingi Kepala Bakamla RI dalam pertemuan tersebut yaitu Deputi Inhuker Bakamla Laksda Bakamla Putu Arya Angga Suardika, Deputi Opslat Bakamla Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa dan Pranata Humas Ahli Madya Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

Tak ketinggalan dari ABF juga hadir Commander Maritime Border Command Rear Admiral Justin Jones, Maritime Border Command Commander Claire Rees, ABF International Operations and Coordination Commander Chris Gower, dan Counsellor ABF Jakarta Superintendent Leighton Morvell.

Sumber: Humas Bakamla RI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.