Bertemu Lagi, Bakamla dan Turkish Coast Guard Kuatkan Komitmen Kerja Sama


MedanEkspress | Istanbul - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia untuk kali kedua bertemu dengan RADM Ahmet Kendir, Commandant of Turkish Coast Guard (TCG) di ruang pertemuan khusus di Pameran Akbar SAHA Expo di Istanbul Turki, Rabu (26/10/2022).

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam pembukaannya menegaskan kembali komitmen Bakamla untuk menguatkan kerjasama dengan TCG. “Pertemuan kali kedua ini setelah pertemuan pertama pada tahun 2021 lalu, merupakan wujud nyata komitmen saya untuk membina hubungan ektra regional”, kata Lakdya TNI Dr. Aan Kurnia.

“Indonesia dan Turki memiliki situasi maritim yang identik, karena sama-sama memiliki choke point strategis dunia, yaitu Selat Bosphorus dan Selat Malaka, kerjasama dalam bentuk pertukaran informasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman, tentu akan meningkatkan kapasitas kedua lembaga berwenang di laut,” pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Melanjutkan pembicaraan, RADM Ahmet Kendir mengamini apa yang disampaikan Kepala Bakamla RI, dan menyampaikan bahwa TCG akan bekerja serius menyiapkan rencana-rencana kerjasama kedepan. Tahun depan TCG akan menjadi penyelenggara HACGAM 2023 di Istanbul. Bakamla dipastikan menjadi perwakilan tunggal dari Indonesia dalam perhelatan itu. “Pada HACGAM 2023 kita akan melaksanakan Working Group Exercise tentang Hukum Laut,” jelas RADM Ahmet Kendir.

Selain peningkatan kapasitas melalui pertukaran perwira antar kedua lembaga, dilakukan juga penguatan komitmen pertukaran informasi. Bakamla memiliki IMIC dan menawarkan kepada TCG untuk memberikan dukungan informasi terkait kapal-kapal berbendera turki yang melintasi perairan dan yurisdiksi Indonesia. Tawaran ini mendapat sambutan sangat baik dari RADM Ahmet Kendir. Ia mengapresiasi dan menyatakan hal ini akan sangat membantu tugas-tugas TCG.

Pertemuan kedua kepala lembaga ini dilaksanakan saat kunjungan ke SAHA Expo 2022 di Istanbul Turki yang berlangsung dari 25-28 Oktober 2022. SAHA Expo adalah pameran alat dan sistem pertahanan yang diselenggarakan oleh SAHA Istanbul Defence, Aviation and Space Association, sebuah asosiasi terbesar di Turki dan Uni Eropa. Kesempatan ini sangat penting bagi Bakamla untuk dapat melihat kebutuhan-kebutuhan potensial sarana prasarana penegakan hukumnya di masa mendatang.

Sumber: Humas Bakamla RI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.