Kapal Perang TNI AL Selamatkan Tiga Warga Asing yang Terombang Ambing 4 Hari di Laut Jawa


MedanEkspress | Laut Jawa - Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI Spica-934 berhasil menemukan dan menyelamatkan nyawa tiga orang warga negara asing yang berada di Kapal Yacht MV. China Dolphin saat terombang ambing di tengah Laut Jawa, Senin (12/12/2022). Nyawa ketiga WNA itu diselamatkan oleh prajurit Kapal Perang yang merupakan kapal riset dan survei di bawah jajaran Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

Penyelamatan terhadap tiga WNA itu berawal dari laporan Kedutaan Besar Australia yang mengabarkan ada warga mereka yang mengalami kondisi darurat di Laut Jawa. Kapal yang dipakai berlayar yaitu Yacht MV. China Dolphin tiba-tiba mengalami kerusakan dan tak dapat berlayar lagi. Dari laporan itu, KRI Spica bergerak menuju lokasi Yacht MV. China Dolphin, dan tak membutuhkan waktu lama, WNA yang dilaporkan telah terombang ambing selama 4 hari berhasil ditemukan dan diselamatkan. 

"Kapal yacht tersebut akhirnya berhasil ditunda oleh KRI Spica-934 di bawah pimpinan Komandan Letnan Kolonel Laut (P) Deirus Rizki Khair, sampai pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dalam keadaan aman.

Kapal yang diawaki oleh Peter Bruce Hull WN Australia, Michael Jon Hull WN Australia, Gerald Charles Emerson Cooke WN Kanada tersebut tengah berlayar dari Johor Malaysia menuju Sydney Australia, tetapi mengalami masalah pada mesin dan layarpun tidak bisa berfungsi sehingga tidak dapat melanjutkan pelayaran.

Sedianya Kapal Yacht MV. China Dolphin yang diawaki Bruce Hull dan Jon Hull asal Australia serta Gerald Charles Emerson Cooke asal Kanada akan belayar menuju Negeri Kangguru, mereka memulai pelayaran dari Johor, Malaysia. Tetapi malangnya kapal ternyata rusak.

Aksi penyelamatan ini merupakan wujud dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh prajurit TNI AL menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Sumber: Pen Pushidrosal

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.