Tebingtinggi Dilanda Banjir, Babinsa Koramil 0204-13/TT Siaga Penuh Membantu Warga


MedanEkspress | Tebingtinggi - Banjir kiriman dari hulu Sungai Padang dan Sungai Bahilang mengakibatkan delapan kelurahan di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara, terendam banjir. 

Genangan banjir dengan ketinggian bervariasi antara 20 hingga 80 cm itu, tidak hanya merendam rumah 598 Kepala Keluarga (KK) yang berada di delapan kelurahan, tetapi juga menggenangi sejumlah jalan protokol yang ada di Kota Lemang itu.

Danramil 0204-13/Tebingtinggi, Kapten Inf Yudhi Chandra Gurning menjelaskan, selain kiriman air dari hulu dua sungai yang membelah Kota Tebingtinggi, banjir kali ini juga disebabkan oleh tingginya curah hujan sejak Rabu (14/12/2022) siang pukul 14.00 Wib. 


"Mulai Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 Wib, ketinggian air di dua sungai itu sudah semakin naik, hingga akhirnya menggenangi pemukiman warga dan sejumlah ruas jalan protokol," jelas Kapten Gurning.

Menyikapi kondisi ini, Kapten Gurning mengaku telah menyiagakan seluruh Babinsa di satuan Koramil 0204-13/TT untuk memonitor keadaan, sekaligus membantu warga yang mengalami kesulitan.

"Sampai siang ini, dari laporan Babinsa, tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Namun kerugian materil diperkirakan cukup besar mengingat banyaknya rumah penduduk yang terendam banjir," ucap Kapten Gurning. 


Mengenai langkah tanggap bencana yang sudah dilakukan, Kapten Gurning mengatakan telah berkoordinasi dengan Forkopimda dan BPBD Kota Tebingtinggi.

Antara lain, mendirikan dapur umum, serta terus menyiagakan Babinsa bersama anggota BPBD dan petugas terkait lainnya di titik-titik banjir untuk membantu proses evakuasi warga yang terdampak banjir. 

Kemudian, tim gabungan yang diturunkan ke lapangan juga berkewajiban mengingatkan warga untuk waspada terhadap kemungkinan banjir susulan, mengingat kondisi cuaca di Kota Tebingtinggi hingga kini yang terus mendung.


Berikut delapan kelurahan yang tergenang banjir, yakni Bandar Utama Lk 1 dan 3, Sri Padang Lk 1 dan 2, Tebingtinggi, Badak Bejuang, Pabatu, Mandailing, Bulian, dan Pasar Baru. 

 Sedangkan jalan protokol yang tergenang banjir, meliputi Jalan Sudirman, Jalan Tamrin, Jalan M Sakti Lubis, Jalan Suprapto, dan Jalan Dahlan. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.