TNI AL Perkuat Armada Patroli Lanal Timika dengan Rigid Hull Inflatable Boat


MedanEkspress | Mimika - Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, memimpin upacara peresmian dan pengukuhan komandan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Kalawai II, Kamis (26/1/2023). 

Kegiatan ini berlangsung di Dermaga Mako Lanal Timika, Jalan Cargodock-Porsite, Distrik Mimika Timur Jauh, Mimika. 

Adapun komandan RHIB Kalawai II yang dikukuhkan, yakni Serda Bah M. Risky Angga. 

Peresmian dan pengukuhan komandan RHIB Kalawai II dipimpin Danlanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien S. 

RHIB ini memiliki kemampuan jelajah sejauh 303 mil dan muatan tangki sebanyak 2.200 liter. Kapal dilengkapi dengan tiga lambung dan sudah dilengkapi dengan proteksi mesin (engine protection). RHIB merupakan kapal dengan lambung solid, namun ringan dan berperforma tinggi.

Perahu ini ditopang tabung udara di bagian lambung atas badan kapal yang dipompa dengan udara bertekanan tinggi. Desainnya stabil, ringan, cepat, dan fleksibel serta dilengkapi dengan peralatan modern seperti perlengkapan komunikasi, navigasi GPS, dan alat keselamatan lainnya.

Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, dalam arahannya menyampaikan, kehadiran RHIB Kalawai II sebagai alutsista di Lanal Timika merupakan bentuk jawaban atas tuntutan dinamika tugas, serta wujud inovasi untuk memperkuat dalam melaksanakan tugas pangkalan. 

Selain itu, untuk mengemban serta melaksanakan patroli berdasarkan kebijakan pemimpin wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Lanal Timika. 

"Lanal Timika memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi, mengingat di wilayah kerjanya terdapat obyek vital nasional, yaitu PT Freeport Indonesia," kata Letkol Apriles. 

Letkol Apriles menambahkan, secanggih apapun alutsista yang telah diberikan, namun tanpa didukung dengan sumber daya manusia yang profesional serta memiliki kepedulian yang tinggi, niscaya tidak akan didapatkan nilai manfaat atas alutsista tersebut. 

"Untuk itu saya berpesan agar seluruh prajurit mampu secara profesional serta memiliki kepedulian yang tinggi dalam mengoperasikan serta memelihara alutsista tersebut," pungkas Letkol Apriles.

Sumber: Penlanal Timika 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.