Letkol Inf Charles Aling Resmi Menjabat Dansat 81 Kopassus


MedanEkspress | Jakarta
- Sejumlah jabatan perwira Kopassus (Komando Pasukan Khusus) resmi dirotasi. Serah terima jabatan Dangrup 3 dan Dansat 81 Kopassus, Asintel, Aspers, dan Asren Kopassus berlangsung lancar pada Sabtu, 25 Februari 2023 dan dipimpin langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Posisi Dangrup 3 kini dijabat oleh Kolonel Inf Wing Sandya yang sebelumnya menjabat sebagai Asintel Kopassus. Sedangkan posisi Dansat 81 yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Nasrul Faturrahman kini berpindah kepada Letkol Inf Charles Alling. 

Proses rotasi ini sekaligus menasbihkan Letkol Inf Charles Alling yang sebelumnya menjabat sebagai Wadansat 81 Kopassus sebagai komandan termuda di TNI AD.

Mental Letkol Inf Charles Alling sering ditempa di medan penugasan operasi. Sejak awal tergabung dalam satuan elit Kopassus, perwira yang lulus Akmil pada 2001 ini telah mendulang
banyak prestasi yang meningkatkan kredibilitas Kopassus dan TNI AD. 

Ia telah terlibat di lima tugas operasi dalam negeri, di antaranya yang prestisius dan mendapat banyak perhatian adalah
operasi pembebasan sandera di Tembaga Pura dan operasi khusus Nemangkawi. Sedangkan
tugas operasinya di luar negeri adalah di UNIFIL Lebanon.

Selain itu Letkol Inf Charles Alling telah meraih banyak penghargaan, baik di tugas operasi
maupun kedinasannya. Ia pernah dinobatkan sebagai Dandim terbaik pada tahun 2021, sekaligus pemenang lomba Binsat 2021. Bahkan ia menjadi juara Karlis TNI berturut-turut dari tahun 2018-2021. Hingga puncaknya, ia meraih Pisau Komando Perak yang merupakan penghargaan tertinggi bagi prajurit Kopassus.

Bahkan pada ajang KTT G20 tahun 2020 lalu, Letkol inf Charles Alling terpilih sebagai salah satu dari 13 perwira muda TNI AD yang terlibat dan ditunjuk langsung oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan karena prestasinya. 

Sebagai salah satu perwira yang pernah menimba ilmu di luar negeri, pengalaman dan wawasannya diperlukan untuk menunjang kesuksesan Presidensi G20 bersama 12 perwira muda TNI AD lainnya yang memiliki latar belakang serupa dengannya.


Prestasi akademiknya memang tak bisa diragukan. Setelah lulus dari Akmil, Letkol Inf Charles Alling beberapa kali mendapat kesempatan untuk menempuh serangkaian pendidikan di luar negeri, di antaranya mengambil program master di ANU (Australia National University) dan Sesko di Australia, dan beberapa seminar khusus Anti Teror dan Special Force di Jerman, Perancis,
Australia, Filipina, Malaysia, UAE, dan Turki.

Dengan latar belakang akademik dan tempur seperti itu, wajarlah Letkol Inf Charles Aling kerap menjadi narasumber di seminar-seminar yang bertemakan pertahanan dan keamanan negara, juga intelijen. Salah satunya pada seminar nasional TNI AD tahun 2021. 

Selain itu, keputusan dan strategi yang dibuatnya di lapangan selalu tepat guna dan tepat sasaran tanpa meninggalkan
jejak-jejak kegagalan yang berarti.

"Jabatan ini adalah suatu amanah, sekaligus kepercayaan pimpinan yang harus saya respons
dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Saya akan totalitas dalam bekerja, khususnya
bagaimana mewujudkan Satuan 81 Kopassus sebagai satuan yang profesional, militan, cergas, dan adaptif dalam mendukung Tugas Pokok Kopassus,” urai Letkol Inf Charles Aling yang sudah menulis lima buah buku ini, pada saat pelantikan.

Sumber: Penkopassus 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.