Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, Danramil 0204-19/BP Pimpin Upacara Bendera di Yayasan Perguruan Rokita Sari


MedanEkspress | Bangun Purba
- Pelaksanaan upacara bendera hari Senin, 20 Februari 2023 di Yayasan Perguruan Rokita Sari Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, berlangsung beda dari yang sebelumnya. 

Kegiatan upacara kali ini menjadi begitu spesial karena dipimpin langsung oleh Komandan Koramil (Danramil) 0204-19/Bangun Purba, Kapten Kav Sudirno. 

Dalam arahannya kepada para pelajar, Kapten Sudirno menjelaskan bahwa kehadiran dirinya ini merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial TNI AD melalui Koramil 0204-19/BP di wilayah binaan. 

Di mana salah satu fungsi pembinaan teritorial itu adalah membangun Kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga terwujud sistem pertahanan semesta (Sishanta) yang dianut TNI. 

"Seperti pelaksanaan upacara bendera yang baru saja kita lakukan. Kegiatan ini bukan suatu bentuk seremonial yang rutin dilakukan setiap hari Senin. Tetapi mengandung makna cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme," ucap Kapten Sudirno.

"Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu".

Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman yang disampaikan di Yogyakarta, 1 Januari 1946 itu, lanjut Kapten Sudirno, menegaskan bahwa TNI dan Rakyat tidak bisa terpisahkan. 

Ibarat jiwa dan raga, TNI sebagai tentara profesional, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara rakyat yang dalam kiprahnya akan menomorsatukan kepentingan rakyat, sehingga TNI akan selalu hadir di tengah rakyat untuk mengatasi kesulitannya, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. 

"Jadi, melalui kegiatan upacara bendera ini, TNI mempersiapkan secara dini para pelajar untuk memiliki semangat bela negara, cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme, sehingga akan terwujud Kemanunggalan TNI-Rakyat," urainya.

Dalam kegiatan Senin Kebangsaan Koramil 0204-19/BP ini, Kapten Sudirno juga mengajak para pelajar untuk semakin giat menuntut ilmu guna bekal hari esok dan masa depan yang lebih baik, serta menghindari pergaulan bebas, aksi kriminalitas seperti tawuran maupun geng motor, serta bahaya narkoba.

Tampak hadir di acara, Kepsek SMP, Adi O Pardosi, SPd, Kepsek SMA, Ermy br Purba, Kepsek SMK 1, Lisbeth L Sinaga, Kepsek SMK 2, Sariawan Purba dan para guru lainnya.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label