Force Down Pesawat Asing Mendarat di Lanud Soewondo


MedanEkspress | Medan
- Bertempat di Apron Bravo Lanud Soewondo, TNI Angkatan Udara menggelar simulasi Force Down atau pendaratan secara paksa satu pesawat asing yang melintas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (14/3/2023).

Dipaksanya pesawat asing itu mendarat setelah terdeteksi radar melintas di langit Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa izin. melihat situasi itu dua pesawat F-16 milik TNI AU dikerahkan untuk memaksa mendarat pesawat asing tersebut ke Lanud Soewondo Medan.

Usai dipaksa mendarat, tim penyidik dan unsur pengamanan terpadu TNI AU (Pomau, Intelijen, dan Kopasgat) segera bergerak untuk mengamankan pesawat asing beserta crew didalamnya. Selanjutnya di laksanakan pemeriksaan terhadap Pilot dan Crew Pesawat asing tersebut.

Simulasi Force Down ini merupakan rangkaian dalam latihan pertahanan udara Cakra C-23, apabila ke depannya terjadi situasi yang menuntut dilakukannya pemaksaan mendarat atas pesawat asing yang memasuki wilayah NKRI. 

Pemaksaan mendarat terhadap pesawat asing, merupakan salah satu opsi yang bisa diambil terhadap pesawat asing yang tidak memiliki izin terbang dan dianggap membahayakan. Opsi lain adalah pengusiran hingga penghancuran terhadap pesawat asing itu juga bisa dilakukan. 

Sumber: Pen Lanud Swo
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.