Prajurit Kodim 0303/Bengkalis Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Kecamatan Rupat


MedanEkspress | Bengkalis
  – Bersama Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Bengkalis – Riau, personel Koramil 04 Rupat, Kodim/0303 Bengkalis berjibaku padamkan kebakaran lahan bersemak belukar di bilangan jalan Hamid RT016/RW005, Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Bengkalis, Sabtu (11/3/2023).

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto menegaskan, areal lahan yang terbakar tidak hanya belukar semata.

“Yang terbakar itu lahan gambut. vegetasi atasnya memang belukar. Dengan kondisi cuaca panas saat ini, semak belukar jadi rawan kebakaran, begitu pula dengan hamparan gambutnya. Lokasi yang terbakar ada dengan luas yang terbakar kurang lebih 2 Hektare,” jelasnya.

Titik api tersebut berjarak sekira 20 kilometer dari Makoramil 04 Rupat. Dengan kondisi medan, cuaca dan rintangan belukar di lapangan, personelnya tetap berjibaku menerobos kepulan asap guna mengulur panjang selang pemadam untuk mencapai titik api.

Halangan dan rintangan diterabas tidak kenal rasa takut guna memaksimalkan pemadaman, bila tidak, api bisa merembet ke segala arah dan merongrong seluruh rongga tanah gambut di wilayah itu.

“Tak terbayang bila api membesar dan meluas, dampaknya berupa bencana asap bisa terjadi dan mengancam kesehatan masyarakat. Oleh karena itu kita berusahan maksimal dupaya api secepatnya padam. Pantang pulang sebelum padam,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya bersama personel Polri, BPBD, Damkar, Satpol PP, MPA, Perusahaan bahkan warga sekitar masih berjibaku padamkan api.

“Yang padam masih 1 hektare, sisanya masih diupayakan sampai sekarang karena faktor keterbatasan sumber air, cuaca panas dan berangin di lapangan. Kami mohon doa dan dukungan agar api segera padam,” tukasnya. 

Sumber: Dispenad
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.