TNI Berzakat Melalui BAZNAS RI

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyerahkan zakat Prajurit dan PNS Mabes TNI kepada Baznas

MedanEkspress | Jakarta -
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi para Kepala Staf Angkatan memimpin Kegiatan Layanan Zakat Baznas Mabes TNI tahun 2023 dengan tema, “TNI Berzakat”. 

Kegiatan ini digelar atas kerja sama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UO Mabes TNI dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), bertempat di Auditorium Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023).

Di tengah kondisi masyarakat saat ini yang masih banyak dalam status kemiskinan ekstrim/mustahik (yang berhak menerima zakat) merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu untuk menumbuhkan kepedulian dan empati melalui pemenuhan Ibadah Zakat.

Bulan Ramadhan merupakan bulan pendidikan, yang penuh rahmat, hidayah, ampunan dan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu ibadah tersebut adalah zakat yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah mencapai nisab zakat untuk ditunaikan dan merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT, di samping itu sebagai wujud pengamalan Marga ketiga dari Sapta Marga. Perintah zakat ini menjadi upaya dalam rangka membersihkan harta yang didapatkan agar muncul keberkahan Allah SWT.

Kegiatan ini untuk memfasilitasi dan memberikan layanan bagi para Prajurit dan PNS di lingkunagn UO Mabes TNI dalam menunaikan zakat, infaq dan sedekah di Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M, serta membantu menyalurkan/pedistribusian zakat yang telah dihimpun kepada Mustahik (yang berhak menerima zakat).

“Saya melihat potensi zakat di Mabes TNI/Mabes Angkatan sangat besar sekali dan selama ini mungkin zakat di tempat-tempat yang sudah ditentukan namun demikian, kalau ada Baznas mengapa kita tidak manfaatkan. Baznas adalah lembaga yang sah di Negara Republik Indonesia. Manfaat Baznas ini digunakan untuk kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, ini selaras dengan tugas TNI yang didalamnya ada pemberdayaan wilayah pertahanan,” tegas Panglima TNI.

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan terima kasih kepada Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan yang telah menyalurkan zakat melalui BAZNAS. Hal ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya menggali potensi zakat di Indonesia. BAZNAS merupakan lembaga pemerintah non-struktural yang berwenang dalam pengelolaan zakat. 

"BAZNAS menjalankan pengelolaan zakat dengan memegang prinsip 3A: Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI. ke depan akan terjalin kerja sama yang semakin erat antara BAZNAS dan TNI terkait program-program pendistribusian dana zakat,” kata KH. Noor Achmad.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyerahkan Zakat Prajurit TNI kepada Baznas. juga melaksanakan pembayaran zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kegiatan Layanan zakat Baznas Mabes TNI Tahun 2023 hadir diantaranya, Kasad (diwakili Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M, M.Tr. (Opsla) dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., Ketua Baznas Prof. Dr. Noor Achmad, MA., Pejabat Utama Mabes TNI dan Pejabat Utama Mabes Angkatan, dan Pembacaan ayat suci Al Quran ditilawahkan oleh Serda Pdk Syahrul.

Sumber: Puspen TNI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.