Anak SD Gembira Jalan ke Sekolah Sudah Dimantapkan Satgas TMMD 116 Kodim Deliserdang


MedanEkspress | Sei Rampah -
Sejumlah anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, tampak meluapkan kegembiraannya saat melihat alat berat Vibro Roller melakukan pemadatan badan jalan sepanjang 6.016 x 4,5 meter yang melintasi kampungnya, Senin (22/5/2023). 

Kegembiraan anak-anak itu bukan saja bisa melihat secara langsung bagaimana proses pemadatan jalan yang dilakukan dengan Vibro Roller, tetapi juga karena bayangan pergi ke sekolah yang akan lebih cepat.  

"Horeeee...jalan di kampung kita sudah dibagusi oleh bapak-bapak tentara," ucap anak-anak itu di tengah deru mesin Vibro Roller yang sedang memadatkan permukaan badan jalan. 

Diakui Perwira Pengawas TMMD 116 Kodim 0204/Deliserdang, Kapten Inf Yudhi Candra, kegembiraan anak-anak di Desa Pergulaan maupun di kampung sebelah di Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, memang sangat beralasan.

"Selama ini mereka kesulitan dan sering terlambat masuk sekolah meskipun sudah diantar naik motor. Itu karena jalanan yang dilalui berlubang di sana-sini dan becek serta sangat licin usai diguyur hujan," jelas Kapten Yudhi.

Namun setelah dibenahi dengan dipadatkan menggunakan material sirtu (pasir dan batu), jalan kampung tersebut akan lebih mulus, sehingga bisa lebih lancar untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Dijelaskan Kapten Yudhi, pembangunan jalan sepanjang 6 Km lebih ini memiliki nilai strategis. Yakni sebagai jalur penghubung yang mempersingkat waktu tempuh dua kecamatan (Sei Rampah dengan Pegajahan), maupun dua desa (Pergulaan dengan Sukasari), serta menjadi sarana transportasi barang dan orang, terutama untuk mengantar anak-anak pergi ke sekolah yang ada di kecamatan. 

Saat ini, pekerjaan perkerasan jalan sudah mencapai 3.000 meter dari total panjang 6.016 meter dengan lebar 4,5 meter.

"Progres pekerjaan jalan ini sudah mencapai sekitar 49%, dan akan terus ditambah hingga tuntas 100% sebelum berakhirnya kegiatan TMMD 166 ini pada Kamis 8 Juni 2023," jelas Kapten Yudhi.

Selain pembangunan jalan, Satgas TMMD 116 Kodim 0204/Deliserdang juga melakukan pekerjaan fisik lainnya. Seperti pekerjaan TPT (Tembok Penahan Tanah) sepanjang 72 meter, kemudian pekerjaan bronjong kawat sepanjang 70 meter, pekerjaan gorong-gorong (Box Culvert) di tiga titik dengan total panjang 24 meter, serta rehab RTLH tiga unit milik warga kurang mampu di Desa Pergulaan. 

"Selain pekerjaan jalan, progres pekerjaan sasaran fisik lainnya di TMMD 116 Kodim 0204/Deliserdang ini juga terus bergerak maju dan akan tuntas 100% sesuai target dan rencana yang telah ditetapkan," pungkasnya.

Sumber Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.