Antusiasme Warga Ikuti Sosialisasi Mitigasi Bencana Satgas TMMD 116 Kodim Deliserdang


MedanEkspress | Sei Rampah
- Kegiatan non fisik berupa sosialisasi mitigasi bencana yang digelar Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, mendapat tanggapan luar biasa dari warga Desa Cinta Kasih, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (24/5/2023).

"Antusiasme warga dalam menghadiri kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Cinta Kasih ini lantaran terdorong keingintahuannya mengenai cara mengatasi bencana, serta langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan diri saat sebelum atau setelah terjadi bencana," jelas Perwira Pengawas TMMD, Kapten Inf Yudhi Candra di sela kegiatan. 

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cinta Kasih ini menghadirkan pemateri dari Staf BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, perangkat desa, serta Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah. 

Dalam paparannya, Staf BPBD Kabupaten Serdang Bedagai menjelaskan, sosialisasi mitigasi bencana ini adalah langkah yang juga dilakukan sebelum bencana terjadi. 

Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

"Jadi, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga tentang bagaimana menghadapi bencana dengan melakukan persiapan secara dini, sehingga saat bencana terjadi, warga tidak kalut atau panik dalam menghadapinya," urai Staf BPBD tersebut. 

Dijelaskan juga, sosialisasi mitigasi bencana ini penting dilakukan terutama untuk menjaga keselamatan warga, di samping sebagai sarana menambah pengetahuan terhadap kegawatdaruratan bencana. 

"Mitigasi bencana ini sangat penting dilakukan untuk keselamatan seluruh warga. Walaupun ada bencana yang tak bisa dihindari seperti gempa bumi, namun dengan mitigasi bencana yang maksimal, dampaknya bisa ditekan seminimal mungkin," pungkasnya. 

Untuk wilayah Kecamatan Sei Rampah sekitarnya, mitigasi bencana yang perlu diantisipasi warga adalah banjir dan longsor. 

Dalam menghadapi kedua jenis bencana ini, warga disarankan untuk berperan aktif, sehingga bisa meminimalisir dampak bencana baik terhadap jatuhnya korban jiwa atau kerusakan sarana dan prasarana fisik bangunan lainnya.

"Untuk itu, peran masyarakat pada saat bencana terjadi adalah memberikan informasi kejadian bencana ke BPBD atau instansi terkait, melakukan evakuasi mandiri, melakukan kaji cepat dampak bencana terhadap keselamatan diri dan keluarganya, serta berpartisipasi dalam respon tanggap darurat sesuai kemampuannya," pungkas staf BPBD Kabupaten Serdang Bedagai tersebut. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label