Cegah Bullying Merasuki Pelajar di Desa, Personil Satgas TMMD Kodim Lakukan Ini


MedanEkspress | Sei Rampah
- Praktik bullying tidak hanya menggurita bagi kalangan masyarakat di perkotaan, di wilayah pedesaan juga. Meski kadarnya tidak sehebat di perkotaan.

Namun demikian, praktik bullying itu tetap perlu diantisipasi bahkan dicegah agar tidak semakin berkembang dan merasuki warga pedesaan. Dan personil Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang punya kiatnya.

Rabu (31/5/2023) pagi tadi saat Satgas TMMD Kodim Deliserdang kembali melakukan kunjungan ke SDN Rambung Sialang di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dua orang personil Satgas TMMD secara khusus melakukan pendekatan kepada beberapa pelajar yang terlihat tengah berkumpul bersama teman sebayanya.

Setelah mengamati apa saja yang dilakukan para pelajar itu, personil Satgas TMMD kemudian ikut bergabung. 

Kepada para pelajar, personil Satgas TMMD mengingatkan bahwa sesama teman satu sekolah tidak boleh saling menjatuhkan apalagi mengucilkannya.

"Jika teman kalian mendapat kesulitan, segeralah bantu. Karena suatu saat kalian pun butuh bantuan untuk mengatasi kesulitan," jelas personil Satgas TMMD. 

Seperti mencerna ilmu pelajaran yang diberikan guru. Tidak semua murid punya kemampuan yang sama. Ada yang gampang, dan ada pula yang susah menerimanya di dalam kepala. 

"Bila ada kawan kalian yang kesulitan dengan pelajarannya, yang seperti ini harus dibantu. Karena kalian adalah teman, dan teman tidak boleh saling menjatuhkan," urai personil Satgas TMMD lagi. 

Seraya terus memberikan nasihat-nasihat, personil Satgas TMMD juga memberikan beberapa contoh perilaku bullying yang kerap tak disadari.

Yakni, sering mengkritik di depan umum, mengomentari penampilan fisik orang lain, menghakimi orang lain secara berlebihan, sering membanding-bandingkan orang lain, mengucilkan orang lain tanpa alasan, dan mengabaikan orang kain dengan sengaja.

"Semua ini harus kalian hindari jika ingin menjadi siswa yang berbudi pekerti luhur dan mulia, sehingga ke manapun kalian nantinya, pasti akan disenangi orang lain karena sikap dan perilaku yang sopan dan santun," pungkas personil Satgas TMMD Kodim Deliserdang mengakhiri.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.