Sosialisasikan Adminduk, Satgas TMMD 116 Kodim Deliserdang Gandeng Disdukcapil Pemkab Sergai


MedanEkspress | Sei Rampah
- Dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Disdukcapil Pemkab Sergai), Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang menggelar kegiatan sosialisasi Adminduk (Administrasi Kependudukan) kepada perangkat desa dan warga Desa Rambung Sialang Hulu, Senin (22/5/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Rambung Sialang Hulu itu menghadirkan pemateri Kadis Dukcapil Pemkab Serdang Bedagai, Fitriadi, SSos, MSi.

Dalam paparannya, Fitriadi menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman masyarakat mengenai produk layanan, prosedur pelayanan serta regulasi yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. 

"Dengan memahami maksud dan tujuan penyelenggaraan administrasi kependudukan ini, maka warga akan memilik keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk untuk setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialaminya, serta memberikan perlindungan status hak sipil kependudukan," ungkap Fitriadi.

Dalam amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dinyatakan bahwa setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan.

"Jadi, Administrasi Kependudukan diarahkan untuk memenuhi hak asasi setiap orang di bidang Administrasi Kependudukan tanpa diskriminasi pelayanan publik yang profesional,” kata Fitriadi.

Oleh karena itu, lanjutnya, administrasi kependudukan dilakukan dengan tujuan, antara lain untuk meningkatkan kesadaran penduduk akan kewajibannya untuk berperan serta dalam pelaksanaan Administrasi Kependudukan, memenuhi data statistik secara nasional mengenai peristiwa kependudukan dan peristiwa penting, mendukung perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan secara nasional, regional, serta lokal, dan mendukung pembangunan sistem administrasi kependudukan.

Tampak hadir dalam acara, di antaranya Kepala Desa Rambung Sialang Hulu, Ahmad Roni Saragih, SPd, Kasipemdes Kecamatan Sei Rampah, Jamil, Kapolsek Sei Rampah, AKP Idham Halik, SH, Babinsa Rambung Sialang, Serka S Simanullang, Sekdes Rambung Sialang Hulu, Suliswati dan seluruh perangkat Desa Rambung Sialang Hulu.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.