Program "Teman Pace", Letkol Petir Ajak Anak-Anak Membaca, Mewarnai dan Bermain dengan Motor Pusling


MedanEkspress | Maybrat - Pos Kisor Satgas Yonif 133/YS melalui program Teman Pace (Tentara Mengajar Anak Papua Cerdas) besutan dari Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti atau lebih akrab disapa Letkol Petir melaksanakan kegiatan Perpustakaan Motor Keliling bagi anak-anak sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat binaan Pos Kisor yang dilaksanakan di Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya, Sabtu (26/08/2023).

Bunyi khas klakson motor Pusling membuat sorakan siswa menjadi ramai dari dalam kelas, artinya siswa akan di ajak oleh prajurit untuk keluar kelas untuk belajar sambil bermain di motor Pusling. 

Motor Pusling atau Motor Perpustakaan Keliling merupakan salah satu terobosan baru letkol Petir untuk mendukung program Teman Pace. Motor Pusling tersebut adalah motor yg di modifikasi menjadi motor gerobak yang berisi berbagai buku pelajaran, buku bacaan, buku mewarnai, buku tulis dan alat-alat tulis. 
 

Pada pelaksanaanya, motor Pusling tersebut di operasionalkan oleh prajurit yang berprofesi sebagai tenaga pengajar dan setiap hari motor Pusling di bawa ke sekolah-sekolah dengan tujuan agar siswa di sekolah mendapat suasana baru dalam metode belajar, karena selain siswa mendapat pelajaran di dalam kelas siswa juga dapat menikmati belajar dari motor Pusling tersebut di luar kelas dan bahkan dapat juga mereka nikmati di saat sore hari pada saat kegiatan Bimbel anak-anak di sekitar Pos berlangsung.

Dengan adanya motor Pusling dari Letkol Petir anak-anak akan dapat lebih menikmati suasana baru dalam menimba ilmu, sehingga wawasan mereka akan lebih luas karena adanya beragam buku yang di bawa oleh motor Pusling tersebut. 
 

Setiap motor Pusling bergerak akan selalu di dampingi oleh tenaga kesehatan Satgas Yonif 133/YS sehingga selain keleluasaan membaca dan mewarnai, masyarakat juga disuguhkan dengan pengobatan gratis. Hal itu dilakukan sebagai wujud kelanjutan Program Teman Pace yang bertujuan membantu dunia pendidikan dan kesehatan di tanah Papua.

Hal senada dari Wadan Satgas Kapten Inf Jaminardo Sinaga pada saat peluncuran perdana kegiatan Perpustakaan Motor Keliling di Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya.
 

“Pada peluncuran perdana kegiatan Perpustakaan Motor keliling ini terlihat antusias anak-anak, karena di dalam gerobak motor ini telah tersedia berbagai jenis buku-buku yang di gemari anak-anak. Pada momen ini, kami juga membagikan hadiah untuk anak-anak yang kami disinggahi, ini merupakan wujud cinta dan cara kami memotivasi anak-anak Papua untuk selalu semangat bersekolah,” terangnya.

Sementara itu di lokasi yang berbeda Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti menyampaikan tujuan lain dari kegiatan perpustakaan motor keliling yang dilanjutkan dengan pengobatan gratis tersebut, selain untuk membantu dunia pendidikan dan kesehatan di tanah Papua juga sebagai wujud kepedulian Satgas Yonif 133/YS kepada masyarakat tanpa batas dan tanpa kenal lelah. Karena hal itu sudah menjadi komitmen Satgas Yonif 133/YS untuk senantiasa mengamalkan perintah harian KASAD. 
 

Sementara itu, Adik Ashari (12) mengungkapkan rasa senangnya dan terimakasih kepada para personel Pos yang bertugas di Pos Kisor, dimana abang-abang Tentara telah datang ke kampungnya membawa banyak buku dan hadiah. 

“Terimakasih abang tentara sa senang sekali, sa sekarang punya banyak buku gambar dan bacaan. Tadi teman teman juga ramai sekali tepuk tangan karena mereka dapat hadiah juga toh," imbuhnya.

Sumber: Pensatgas Yonif 133/YS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.