Dandim 0204/DS Hadiri Penutupan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Kodam I/BB TA 2023


MedanEkspress | Lubuk Pakam - Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi, turut menghadiri upacara penutupan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Kodam I/BB Tahun 2023, Minggu (3/9/2023).

Upacara digelar di Taman Cadika Pramuka Lubuk Pakam, Jln Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Aster Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, SIP, MT, Perwira Upacara, Kapten Inf RE Sinaga, dan Pemimpin Upacara, Ardiansyah.
 

Dalam amanatnya, Aster Kasdam I/BB menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan dalam menyelesaikan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Kodam I/BB ini dengan aman dan lancar. 

"Saya harapkan kepada adik-adik Pramuka yang telah memperoleh bekal wawasan kebangsaan dan keterampilan kepramukaan mampu menjadi agen persatuan bangsa, pengobar semangat persatuan sekaligus sebagai pelopor kader bela negara," ucap Kolonel Dedik Ermanto. 

Kepada seluruh kader Pramuka, Kolonel Dedik berpesan untuk terus berusaha dan berdoa, sehingga bisa tampil menjadi Duta Pramuka tingkat nasional maupun Duta Indonesia di dunia internasional.

Oleh karena itu, Kolonel Dedik meminta pengetahuan yang telah diperoleh untuk bisa diterapkan dan dikembangkan kepada rekan-rekan di sekolah maupun pemuda di lingkungan masyarakat, sehingga tingkat kesadaran sesama generasi muda dalam rangka bela negara semakin mantap dan berkualitas.
 

"Semoga setelah ini, adik-adik dapat menumbuhkan semangat kebangsaan generasi muda, serta  adik-adik Pramuka dapat mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara guna menjaga tetap tegaknya NKRI yang kita cintai bersama," harapnya.

Kepada pemerintah daerah, segenap stakeholder dan kepada para Pembina, Pamong serta unsur terkait lainnya yang ikut berpartisipasi, Kolonel Dedik menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. 

"Selamat kembali ke daerah masing-masing , dan tetap utamakan keselamatan selama di perjalanan," pungkas Kolonel Dedik mengakhiri amanat upacara penutupan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Kodam I/BB Tahun 2023.
 

Sebelumnya, penyelenggaraan perkemahan menjelaskan kegiatan ini diikuti 171 orang, terdiri dari panitia 51 orang dan peserta 120 orang yang berasal dari Pramuka SWK Kodim 0201/Medan, Kodim 0203/Langkat, Kodim 0204/Deliserdang, Kodim 0205/Tanah Karo, Kodim 0207/Simalungun, dan Kodim 0208 Asahan.

Kegiatan perkemahan ini memberikan pembekalan tentang pengetahuan dasar Pramuka, Lima Krida Saka Wira Kartika, dan outbound.

Berbagai pembekalan ini bertujuan untuk membentuk Binter yang aktif melalui perkemahan Saka Wira Kartika yang merupakan salah satu cara efektif guna membentuk generasi muda yang memiliki pengetahuan keterampilan dan kesadaran dalam membela Negara Indonesia.
 

Kemudian, keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika, pembentukan jiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air, serta rasa toleransi, solidaritas setia kawan serta terjadinya kerja sama antar sesama peserta. Di samping itu, kegiatan perkemahan ini juga bertujuan untuk membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Hadir di acara, antara lain Wakil Bupati DS, HM Ali Yusuf Siregar, Kabagum Rindam I/BB, Letkol Inf Edi Herianto, SPd, KasiTer Korem 022/PT, Mayor Inf Fahroel Muhadi,  Dandim 0207/SML, Letkol Inf Hadrianus Yossy, SB, SI, mewakili Dandim 0203/LKT, Lettu Inf Gunawan Sakti Lubis, mewakili Dandim 0208/AS, Kapten Inf Alqi Fahri dan pihak terkait lainnya. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label