Minimalisir Dampak Bencana, Korem 032/Wbr Gelar Latgulbencal TA 2023


MedanEkspress | Padang - Korem 032/Wirabraja menggelar latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) TA 2023 di Markas Korem Jln Sudirman No.29 Padang, Sumatera Barat, Senin (11/9/2023). 

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencangkup tentang kerja sama, koordinasi dalam pengambilan keputusan dan prosedur tata cara kesiapan prajurit dalam menghadapi bencana alam. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program kerja Korem 032/Wbr TA. 2023 bidang pembinaan latihan dan pembinaan satuan. 

Latihan diikuti seluruh Prajurit Korem 032/Wbr se Garnizun Padang termasuk unsur Pemerintah Provinsi Sumbar yang terkait dalam penanggulangan bencana alam di wilayah Sumatera Barat yang di kelompokkan menjadi klaster-klaster sesuai bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
 

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan dalam sambutannya yang dibacakan Danrindam I/BB, Kolonel Inf Charles BP, menjelaskan, penanggulangan bencana alam termasuk dalam tugas pokok TNI sesuai UU Nomor 34 tahun 2004, yaitu menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

"Salah satu tugas tersebut adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti melaksanakan perbantuan kepada Pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam di daerah," ujarnya. 

Diketahui, Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan berpotensi timbul bencana alam antara lain gempa bumi dengan intensitas catatan gempa yang cukup tinggi yang berpotensi tsunami. 

Dan selaku komando kewilayahan, Korem 032/Wirabraja bersama satuan TNI AL dan TNI AU di wilayah Sumatera Barat dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam di daerah. 
 

“Untuk itu memenuhi tuntutan tugas tersebut, maka diselenggara-kanlah latihan lapangan penanggulangan bencana alam gempa bumi yang berpotensi tsunami agar memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam gempa bumi secara tepat dan tuntas guna meminimalisir korban," ujarnya

Latihan Penanggulan bencana alam yang digelar akan berlangsung kurang lebih lima hari dengan mengusung tema “Korem 032/Wirabraja melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah daerah di wilayah Sumatera Barat menanggulangi akibat bencana alam guna mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan. 

Peserta latihan terdiri dari satuan Denkesyah Padang, Denzibang 5/1 Padang Denpal, Denhubrem, Denbekang, Denpom, Ajenrem, Kodim 0312/Padang, Yonif 133/YS, Lantamal II Padang, Lanud Sutan Sjahrir, Polda Sumbar, BPBD Sumbar, Basarnas, BMKG, PMI, Dinsos, Tagana, Dishub, Pol PP, RAPI, ORARI, Kominfo, Damkar serta unsur terkait lainnya.

Sumber: Penrem 032/Wbr
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.