Navy to Navy Talk TNI AL dan India Navy, Ini yang Dibicarakan


MedanEkspress | New Delhi - Dalam rangka meningkatkan kerjasama di bidang militer, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan India Navy (IN) membahas kerja sama bilateral pada Navy To Navy Talks (NTNT) ke-11 bertempat di Kota House, New Delhi-India, Senin (25/9/2023).

Berbagai hal didiskusikan dalam pertemuan Angkatan Laut kedua negara tersebut, mulai dari review action items hasil pertemuan NTNT ke-10, diskusi tentang situasi keamanan maritim serta kesepakatan kerja sama dalam bidang latihan, pendidikan, kunjungan kapal maupun pertukaran perwira.

Dalam pertemuan ini, TNI AL dengan Head of Delegation (HoD) yaitu Kepala Dinas Operasi dan Latihan (Kadisopslatal), Laksma TNI Sigit Santoso dan didampingi Athan RI di New Delhi, Laksma TNI Didik Kurniawan, Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Alfred D. Mattews beserta Perwira Staf. Sedangkan pihak IN dengan HoD, Assitant Chief of Naval Staff, Foreign Cooperation and Intelligence, RADM Nirbhay Bapna beserta perwira staf Angkatan Laut India.
 

Kadisopslatal mengucapkan terima kasih kepada AL India atas undangan serta sambutan hangat yang diberikan, dimana hubungan antara TNI AL dan Angkatan Laut India hingga saat ini telah terjalin dengan sangat baik dan memberikan pengaruh positif kepada keamanan maritim di kawasan. 

“Hubungan ini harus dilanjutkan serta ditingkatkan dalam rangka memberikan keuntungan antar kedua Angkatan Laut", tutur Laksma TNI Sigit Santoso.

Lebih lanjut menurut ketua delegasi TNI AL tersebut, wujud kerjasama kedua Angkatan Laut terlihat dari gelar kekuatan di dalam latihan bersama yaitu Patkor INDINDO, Samudra Sakti Exercise dan saling hadir pada event international yang diselenggarakan oleh masing-masing negara seperti MILAN Exercise dan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK).
 

Dalam lawatanya ke India, delegasi TNI AL menyempatkan juga untuk berkunjung ke Deputy Chief of Naval Staff, Vice Admiral Sanjay Mahindru, AVSM, NM di Ministry of Defence (Navy) India, serta berkunjung ke Duta Besar RI di New Delhi, India, Ibu Ina Hagniningtyas Krisnamurthi.

Pertemuam ini tentunya merupakan wujud peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam meningkatkan diplomasi TNI AL daalam menjamin stabilitas di kawasan, sekaligus membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional khususnya dalam bidang latihan sesuai program prioritas.

Sumber: Dispenal 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.