Satgas Yonif 122/TS Gagalkan OTK Selundupkan Ganja di Perbatasan RI-PNG


MedanEkspress | Kerom - Satgas Yonif 122/Tombak Sakti Pos Waris berhasil menggagalkan penyelundupan ganja oleh OTK (Orang Tak Dikenal) di perbatasan RI-PNG Sektor Utara, tepatnya di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Kamis (15/09/2023).

Hal ini disampaikan Danpos Waris, Letda Inf Hasan Basri mewakili Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS, Mayor Inf Diki Apriyadi, SHub Int.

Dijelaskan Letda Hasan Basri, peristiwa ini bermula saat personil Pos Waris melakukan patroli rutin di Gapura Lintas Batas RI-PNG di Kp Banda, Distrik Waris. 
 

Lokasi ini sering dilintasi oleh masyarakat baik dari PNG ke RI dan sebaliknya, dengan tujuan berkebun ataupun menjual hasil kebunnya dari PNG ke Indonesia tanpa ada identitas apapun.

"Saat pemeriksaan berlangsung, satu orang pemuda (OTK) terlihat tidak berani melintasi pos penjagaan bersama warga lainnya. OTK tersebut hanya berdiri di seputaran gapura perbatasan yang berjarak sekitar 150 meter dari pos lintas batas tempat pemeriksaan dilakukan," urai Letda Hasan Basri. 

Melihat kejanggalan ini, sejumlah personil Pos Waris mencoba mendekati untuk berkomunikasi. Namun OTK tersebut langsung kabur ke dalam hutan wilayah PNG saat personil Pos Waris baru bergerak. 

"Kami pun mengejar, tapi hanya sampai gapura perbatasan saja, karena hutan yang dimasuki OTK itu bukan lagi wilayah Indonesia," jelas Letda Hasan Basri.
 

Setelah tidak berhasil mengamankan OTK tersebut, personil Pos Waris pun memeriksa keadaan sekitar gapura perbatasan. Sebuah karung beras warna kuning yang sudah kusam ditemukan, dan setelah dibuka didapati sembilan plastik berisi ganja kering yang diselipkan di antara daun ubi (singkong).

"Barang bukti ganja itu langsung kita bawa ke Pos Waris, dan setelah ditimbang, berat keseluruhannya 462 gram," ungkap Letda Hasan Basri.

Temukan ganja ini langsung dilaporkan ke Komando Atas dalam hal ini Korem  172/PWY sebagai Kolakops Pamtas RI-PNG Sektor Utara, dan kepada Dansatgas, Mayor Inf Diki Apriyadi. 

Sumber: Pensatgas Yonif 122/TS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.