Pengabdian TNI, Atasi Kesulitan Rakyat di Papua


MedanEkspress | Papua - Prajurit Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma (Yonif 407/PK) Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna Kodam IV/Diponegoro bersama masyarakat Kampung Merok, menggelar karya bhakti pembangunan balai kampung Merok, di Distrik Moskona Barat, Teluk Bintuni, Papua, Sabtu (21/10/2023).

Menurut Komandan Satgas Yonif 407/PK, Letkol Inf Hermawan Setya Budi keterlibatan 13 Prajurit TNI yang bahu membahu dengan masyrakat dalam pembangunan Balai itu, sebagai bukti TNI merupakan garda terdepan dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat dan membangun kehidupan yang lebih baik. "Bila TNI membantu rakyat itu karena kewajiban dan hakikat TNI yang berasal dari rakyat serta mengabdi kepada bangsa dan negara demi kesejahteraan rakyat," katanya.

Sementara itu, Satgas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti (Yonif 133/YS) Korem 032/Wirabraja, berhasil mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif yang ada disekitar Pos, setelah berjalan tiga bulan lamanya menggarap lahan kebun, akhirnya personel Pos Hawioh berhasil panen dan membagikan hasil panenenya kepada masyarakat di Kampung Hawioh, Distrik Ayamaru Selatan, Kabupaten Maybrat-Papua Barat Daya, Sabtu (21/10/2023).

Dalam keterangannya, Danpos Hawioh Satgas Yonif 133/YS Letda Inf Deka mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program Satgas Yonif 133/YS gagasan dari Dansatgas Letkol Inf Andhika Ganessakti yang memerintahkan kepada jajarannya untuk mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif yang dapat bermanfaat bagi warga binaan, selain itu juga kegiatan tersebut bentuk perhatian dari personel Pos Hawioh terhadap masyarakat setempat guna menjaga hubungan baik antara Satgas dengan masyarakat sekitar. 
 

“Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat sudah selayaknya Satgas Yonif 133/YS membantu masyarakat yang membutuhkan hal ini, seperti yang tengah dilakukan oleh anggota Pos yang membagikan hasil panen kebun milik Pos Hawioh kepada warga binaan,” jelasnya.

Sedangkan, pengabdian nyata dari Satgas Pamtas Kewilayahan Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama (Yonif 623) Bhakti Wira Utama komando Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Aifat dalam rangka menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda bangsa di Kampung Kumurkek, Distrik Aifat, Kab. Maybrat, Papua Barat Daya, Sabtu (21/10/2023).

Pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tersebut diberikan oleh Letda Chk Fikri Rahardianto selaku Pakum Satgas Yonif 623/BWU, kegiatan Wasbang ini sangatlah penting, karena untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. 

“Selain membekali tentang Wawasan Kebangsaan, kami juga membekali mereka dengan pemahaman akan pentingnya para generasi muda di kalangan pelajar sebagai penerus bangsa untuk membangun NKRI yang lebih maju kedapannya khususnya di Daerah mereka masing-masing,” ujarnya.
 

Saat di konfirmasi melalui telepon Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 407/PK, Satgas Pamtas Yonif 133/YS, Satgas Pamtas Yonif 623/BWU merupakan bagian dari pembinaan teritorial yang sangat positif dalam membantu masyarakat sekitar.

“Apa yang dilakukan Prajurit-Prajurit itu sesuai dengen yang di tekankan oleh Panglima TNI bahwa setiap Prajurit TNI harus bermanfaat dan menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapuspen TNI menekankan agar setiap personel TNI baik yang melaksanakan tugas di luar Satuannya (Satgas) dan TNI secara umum perlu mencontoh seperti apa yang di kerjakan Satgas-Satgas tersebut.

“Prajurit itu harus selalu berusaha untuk peduli dan bermanfaat bagi Masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

Sumber: Puspen TNI
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.