Danrem 012/TU: Food Estate Festival Mendorong Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal


MedanEkspress | Meulaboh - Food Estate Festival Korem 012/Teuku Umar resmi dibuka dalam suasana meriah di lapangan Teuku Umar, Jl. Merdeka, Gp. Suak Indra Puri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, pada Selasa malam (22/11). Acara dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, dan sejumlah Pj. Bupati dan unsur Forkopimda Barat Selatan Aceh, Walikota Sabang, dan unsur Forkopimda Sabang.

Tampak hadir pula Kasrem 012/TU, para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Korem 012/TU, Kepala Dinas Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Barat, Rektor UTU, Rektor STAIN, lembaga vertical, Pimpinan perusahaan BUMN dan BUMD, serta tamu undangan lainnya pada acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi sehingga festival ini berjalan lancar. Pasca pandemi Covid-19, tekanan perekonomian menjadi tantangan utama, dan Presiden RI menekankan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI untuk menciptakan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dengan fokus ketahanan pangan.

Pimpinan TNI, termasuk Korem 012/TU, aktif mendukung upaya ini dengan mengembangkan 51 hektar lahan tidur menggunakan konsep integrated farming system untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.
 

Food Estate Korem 012/Teuku Umar telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga, instansi, dan kementerian pertanian. Juga baru-baru ini meraih penghargaan sebagai "Ketahanan Pangan Terfavorit TNI-AD."

Food Estate Festival merupakan bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan nasional, reformasi birokrasi dalam pelayanan publik, dan pengembangan ekonomi lokal. Tujuan acara ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif melalui pertanian, peternakan, dan perikanan.

Pj. Gubernur Aceh diwakili Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, menyampaikan apresiasi terhadap peran TNI-AD dalam mendukung program ketahanan pangan di Aceh. Harapannya, dukungan ini dapat mendorong gairah sektor pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian lokal.

Pembukaan Food Estate Festival Korem 012/TU ditandai dengan seremoni penabuhan rapai oleh Danrem 012/TU bersama-sama para Pj. Bupati, menciptakan momen sinergi dan bersejarah. Ini menandai dimulainya festival yang diharapkan dapat memberikan dampak positif.

Acara berlanjut dengan serangkaian kegiatan, termasuk Opening Art Tari Kreasi oleh sanggar Meusaho art, Talkshow Ketahanan Pangan, Pemberian cinderamata oleh Danrem 012/TU kepada Moderator Talkshow Ketahanan Pangan, Agri Award, dan Talent Performance.
 

Selama acara berlangsung, masyarakat dan pengunjung mematuhi aturan syariat Islam serta adat istiadat Aceh dengan memisahkan tempat bagi pengunjung laki-laki dan perempuan yang telah disediakan oleh Panitia. Ini sesuai dengan prinsip syari'at Islam yang berlaku di Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Food Estate Festival berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 November 2023, di lapangan Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat. Kegiatan menarik seperti talkshow dan pameran tentang ketahanan pangan, UMKM, kuliner lokal, galeri Food Estate Korem 012/TU, pangan murah, coffee truck, penampilan artis lokal, panggung seni dan budaya, kompetisi band, barsela idol, kompetisi tari kreasi, lomba inovasi pangan, Agri Award, zikir & doa bersama, serta santunan anak yatim disajikan.

Food Estate Korem 012/Teuku Umar diharapkan menjadi inspirasi bagi daerah lain, khususnya di wilayah Barat-Selatan Aceh, untuk mengadopsi model pertanian berkelanjutan dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi daerah.

Sumber: Penrem 012/TU
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.