Karya Bakti TNI AD, Koramil 0204-03/Sbl Bersihkan Pasar Bandar Baru dan Tanam Pohon Buah


MedanEkspress | Bandar Baru - Karya Bakti TNI AD Tahun 2023 di wilayah  Koramil 0204-03/Sibolangit, Jumat (8/12/2023), melakukan serangkaian kegiatan. 

Selain membersihkan areal sekitar pasar tradisional Bandar Baru di Dusun II, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, juga dilakukan penanaman pohon buah di bantaran kali Bandar Baru.
 

Komandan Koramil 0204-03/Sbl, Kapten Inf Aris di sela apel pengecekan personil dan perlengkapan kerja menjelaskan, karya bakti ini juga ikut melibatkan anggota Polri dari Polsek Pancurbatu, perangkat desa, serta warga Desa Bandar Baru. 

"Jadi, karya bakti ini merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan menjaga kelestarian dan keandalan lingkungan sekitar dari dampak bencana terhadap manusia," ucapnya. 
 

Kapten Aris berharap, kegiatan karya bakti dalam bentuk gotong royong ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya. 

"Seperti pembersihan saluran drainase di Pasar Tradisional Bandar Baru ini, misalnya. Tujuannya tidak hanya mencegah polusi udara karena parit yang kotor, tetapi juga menghindari parit menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah, termasuk banjir genangan saat hujan," urainya. 
 

Setelah bergotongroyong membersihkan saluran drainase, seluruh pihak yang terlibat dalam karya bakti ini lanjut melakukan penanaman pohon di bantaran kali Bandar Baru. 

Menurut Kapten Aris, pohon yang ditanam dari jenis berbuah. Seperti durian, mangga dan alpukat. 
 

Nantinya, pohon yang ditanam ini tidak saja bisa dimanfaatkan buahnya, tetapi juga bisa menjadi tanaman pelindung, termasuk untuk fungsi mengikat struktur tanah di bantaran kali Bandar Baru dari potensi longsor. 

Hadir dalam kegiatan ini, di antarany Kapolsek Pancurbatu diwakili Aiptu Disco Ginting, Camat diwakili Kasi Kebersihan, D Tarigan, serta BPD dan LPM Desa Bandar Baru.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label