Pasca Ratusan Rumah di Batang Kuis Terendam Banjir, Babinsa Bersama Warga Perbaiki Tanggul Jebol

Babinsa bersama warga bergotongroyong memperbaiki tanggul jebol yang merendam ratusan rumah di tiga desa Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang.

MedanEkspress | Batang Kuis - Sejumlah Babinsa Koramil 0204-05/Batang Kuis bergotongroyong bersama warga dan anggota Tagana memperbaiki tanggul sungai yang jebol di Dusun III, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Rabu pagi (27/12/2023) pukul 10.00 Wib.

"Perbaikan tanggul ini untuk antisipasi luapan air sungai yang beberapa hari sebelumnya telah membanjiri pemukiman penduduk di tiga desa di Kecamatan Batang Kuis," jelas Danramil 0204-05/BK, Kapten Inf Agus Tua Panjaitan di lokasi.

Perbaikan menggunakan timbunan karung berisi tanah yang dikerjakan secara manual oleh Babinsa dibantu warga dengan alat seadanya. 
 
Material karung berisi tanah digunakan untuk memperbaiki tanggul jebol di Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang.

Kapten Agus Panjaitan menguraikan, tanggul yang jebol ini merendam pemukiman penduduk di Desa Sena, Desa Bakaran Batu, dan Desa Bintang Meriah. 

Di Desa Sena, luapan air menggenangi Komplek Perumahan Cendana Asri di Dusun X, Kecamatan Batang Kuis. Saat ini kondisi genangan air sudah surut total.

Begitu juga di Desa Bakaran Batu, yakni di Dusun I, II dan III. Warga dari tiga dusun ini sudah kembali kerumahnya masing-masing untuk melakukan pembersihan. Dapur umum pun sudah didirikan di wilayah sekitar. 
 
Kondisi tanggul jebol sebelum diperbaiki oleh Babinsa Koramil 0204-05/BK bersama warga.

Sedangkan di Desa Bintang Meriah, yakni di Dusun II dan III, kondisi air belum surut, dengan ketinggian sekitar 30 cm. 

"Kondisi terparah di Desa Bintang Meriah ini. Ada sekitar 200 rumah di area seluas 1,5 Ha yang masih terdampak banjir," urai Kapten Agus Panjaitan.
 
Kondisi Komplek Perumahan Cendana Asri di Dusun X, Kecamatan Batang Kuis, yang telah surut dari genangan banjir.

Tanggap Bencana 

Saat ini, segenap unsur Muspika Batang Kuis telah mendorong langkah tanggap bencana di wilayah terdampak banjir. Yakni mendirikan dapur umum di Desa Bintang Meriah dan Desa Bakaran Batu. 

Kemudian membagikan nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir di masing-masing desa, serta menyiapkan tempat untuk area pengungsian di Desa Bintang Meriah sebagai lokasi terparah. 
 
Babinsa bersama warga dan anggota Tagana menyiapkan rencana kerja perbaikan tanggul jebol yang membanjiri tiga desa di Kecamatan Batang Kuis.

Selain itu, unsur Muspika juga telah berkoordinasi dengan BNPB Provinsi Sumut untuk menyiapkan perahu karet, serta ambulance yang akan disiagakan di posko bencana Desa Bintang Meriah.

"Kepada warga terdampak banjir di Desa Bintang Meriah, Dinas Sosial Kabupaten Deliserdang sudah mendrop 170 box makanan siap saji di Dapur Umum, Dusun I," ungkap Kapten Agus Panjaitan.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label