4 Rumah Dinas Senilai 7 Miliar untuk OAP Dibakar KSTP Intan Jaya

Rumah dinas untuk Orang Asli Papua musnah dibakar KSTP Intan Jaya 

MedanEkspress | Intan Jaya - Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Intan Jaya kembali berulah. Dalam kurun waktu 4 hari sejak Jumat (19/1/2024) sampai Senin (22/1/2024), aksi gangguan keamanan yang dilakukan oleh KSTP telah menimbulkan kerugian baik personel dan materil.

Terbaru, KSTP kembali merusak fasilitas yang dibangun pemerintah. Empat unit rumah dinas bantuan Dinas Sosial (Dinsos) di Kampung Mamba, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, ludes dibakar oleh KSTP pada Senin (22/1/2024). 

Total kerugian akibat terbakarnya rumah milik Gat Sani, Juni Sani, Elis Sani dan Detinus Sani, keempatnya adalah Orang Asli Papua (OAP) ditaksir mencapai sekitar 7 miliar rupiah. 

Lettu Inf Bayu Bhakti, aparat keamanan yang bertugas di Intan Jaya menyampaikan bahwa aksi teror bersenjata yang dilakukan KSTP telah melumpuhkan berbagai lini kehidupan masyarakat.
 
Tak hanya kerugian materil 7 miliar rupiah, teror KSTP Intan Jaya juga menyebabkan korban jiwa.

"Pada hari Minggu masyarakat umat kristiani di Intan Jaya tidak dapat melaksanakan ibadah. Masyarakat tidak berani melakukan aktivitasnya di kebun, selain itu banyak masyarakat yang harus mengungsi karena mereka takut menjadi sasaran teror KSTP", jelasnya.

Sungguh ironi, ditengah upaya pemerintah dan aparat keamanan TNI Polri yang terus berupaya mewujudkan kondusifitas keamanan agar pemerataan pembangunan dapat berjalan.

Ulah keji KSTP justeru menyisakan trauma psikis dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit di kalangan masyarakat di Intan Jaya. 

Tak hanya itu, akibat ulah KSTP ini tentunya berdampak secara langsung pada terhambatnya laju pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kab. Intan Jaya, Papua Tengah.

Sumber: Satgas Damai Cartenz
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.