Peringati HUT Ke-73 Penerangan TNI AD, Pendam I/BB Laksanakan Ziarah Rombongan

Peringati HUT Ke-73 Penerangan TNI AD, Pendam I/BB Laksanakan Ziarah Rombongan di TMP Bukit Barisan Medan.

MedanEkspress | Medan - Memperingati HUT ke- 73 Penerangan TNI AD Tahun 2024, Kapendam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, memimpin kegiatan ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jl Sisingamangaraja Medan, Jumat (12/1/2024).

"Kegiatan ziarah ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa - jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Kapendam di sela acara. 

Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan diakhiri dengan penghormatan akhir kepada arwah pahlawan.
 
Kapendam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, saat memimpin ziarah rombongan peringatan HUT ke-73 Penerangan TNI AD Tahun 2024.

Selanjutnya, para peserta ziarah rombongan melakukan tabur bunga di area Taman Makam Pahlawan.

Kolonel Rico bersama istri melaksanakan tabur bunga di makam Personil Penerangan yaitu almarhum Kapten Benyamin yang gugur pada (01/12/1982) bertugas di satuan Pendam II/BB (pada saat itu Kodam I/BB masih bernama Kodam II/Bukit Barisan) .

Usai kegiatan, Kapendam I/BB menyampaikan bahwa cikal bakal Penerangan TNI AD sudah tampak sejak perang kemerdekaan.
 
Kapendam I/BB bersama Ketua Persit KCK Ranting III/Pen Cabang I Sinteldam I/BB melakukan tabur bunga di makam salah satu Prajurit Penerangan. 

Oleh karena itu, pimpinan Angkatan Darat pada saat itu memutuskan membentuk organisasi penerangan melalui penetapan Kasad Nomor: 8/Kasad/Pnt/1951 tanggal 13 Januari 1951 dengan nama Bagian Penerangan dan Penerbitan.

Terkait kegiatan ziarah rombongan yang dilaksanakan hari ini, Rico J Siagian mengatakan bahwa ziarah ini juga memiliki makna yang sangat penting sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia.
 
Ketua Persit KCK Ranting III/Pen Cabang I Sinteldam I/BB beserta pengurus dan personil Kowad melakukan tabur bunga saat ziarah di TMP Bukit Barisan Medan.

"Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya," serunya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapendam I/BB Letkol Arh M. Yakub, para Kasi, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Pengurus Persit Pendam I/BB.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label