Rencana Kontijensi Evakuasi WNI di Lebanon, Satgas MTF XXVIII-O/UNIFIL Laksanakan Tabletop Exercise (TTX)

Rencana Kontijensi Evakuasi WNI di Lebanon, Satgas MTF XXVIII-O/UNIFIL Laksanakan Tabletop Exercise (TTX)

MedanEkspress | Beirut - Guna memantapkan rencana kontijensi evakuasi WNI di Lebanon, Satgas MTF TNI XXVIII-O/UNIFIL Satgas MTF TNI XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan Tabletop Exercise (TTX) selama 2 hari dengan metode hybrid di ruang rapat KBRI Beirut (18 Januari 2024) dan ruang Pusat Informasi Tempur (PIT) KRI Diponegoro-365, Sabtu (19/1/2024).

Kegiatan TTX di pimpin oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia, Kementerian Luar Negeri dengan menghadirkan seluruh stake holder diantaranya: Dit PWNI, para Dubes terkait, Mabes TNI, BAIS, para Dansatgas TNI di Lebanon, dan pihak-pihak terkait lainnya. 
 
Rencana Kontijensi Evakuasi WNI di Lebanon, Satgas MTF XXVIII-O/UNIFIL Laksanakan Tabletop Exercise (TTX)

TTX merupakan salah satu metode untuk menguji rencana kontijensi yang telah disusun oleh KBRI Beirut sehingga semua pelaku memiliki pola pikir dan pola tindak yang sama serta rencana tersebut dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Adapun evakuasi melalui jalur laut dari Lebanon menuju Cyprus menggunakan KRI Diponegoro-365 merupakan opsi yang akan dilaksanakan apabila evakuasi jalur udara tidak memungkinkan. 
 
Satgas MTF TNI XXVIII-O/UNIFIL di atas KRI Diponegoro-365

“Kapal perang sesuai aturan internasional merupakan suatu negara yang memiliki kekebalan diplomatik seperti halnya KBRI Beirut, sehingga evakuasi WNI menggunakan KRI Diponegoro-365 merupakan opsi yang paling aman”.

Hal tersebut sesuai Visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terkait dengan TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) yang akan diwujudkan dalam rencana evakuasi WNI di Lebanon.

Sumber: Puspen TNI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label