Pangdam I/BB Dampingi Mentan Lakukan Binluh Pertanian dan Petani di Medan

Pangdam I/BB Dampingi Mentan Lakukan Binluh Pertanian dan Petani di Medan.
MedanEkspress | Medan - Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan turut mendampingi Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, dalam acara Pembinaan Penyuluhan (Binluh) Pertanian dan Petani se wilayah Sumatera Utara, Senin (5/2/2024).

Acara yang digelar di Lapangan Benteng, Jl Pengadilan Medan itu diramaikan ribuan peternak, pekebun dan kelompok tani (poktan). Bahkan hadir pula Pj Gubsu, Kapoldasu, Kajatisu, Wali Kota Medan serta pejabat TNI-Polri dan Pemerintahan, termasuk anggota Komisi I DPR RI. 

Mentan mengatakan, Provinsi Sumut tidak hanya memiliki prospek pertanian yang baik tetapi juga strategis. 
 
Mentan RI hadir di acara Binluh Pertanian dan Petani di Medan.
Posisi geografis Sumut yang dekat Singapura dan Malaysia, diakui Mentan sebagai indikator strategisnya sektor pangan di provinsi multi etnik ini.

"Wilayah ini (Sumut) memiliki kesempatan besar untuk memenuhi pangan negara lain dengan akselerasi tanam. Untuk itu, kita akan berikan bantuan benih gratis, bibit gratis, alat mesin pertanian gratis, dan tambahan volume pupuk," ucap Mentan Amran.

Tak cukup hanya itu, Mentan Amran juga menyiapkan anggaran Rp534 miliar lebih untuk mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Sumut. 
 
Dalam acara Binluh Pertanian dan Petani di Medan, Mentan RI juga memberikan bantuan kepada Pemprov Sumut.
 Anggaran ini diharapkannya bisa dimanfaatkan untuk bantuan benih padi dan jagung, penumbuhan UMKM Hortikultura, irigasi pertanian, jalan pertanian hingga peremajaan tanaman kelapa dan karet, serta perluasan kopi arabika dan bantuan pertanian lainnya.

Di kesempatan yang sama, Mentan Amran juga mendorong gubernur, bupati dan wali kota se Sumut untuk mendukung program alih fungsi rawa menjadi sawah.
 
Mentan RI memberikan keterangan pers di sela acara Binluh Pertanian dan Petani di Medan.
Dikatakannya, anggaran untuk program ini sudah disiapkan dengan total luas satu juta hektar di seluruh Indonesia di tahun 2024 ini.

"Kalau ada rawa, kami akan bangun pertanian yang modern. Mudah-mudahan ada 50.000 Ha di Sumut ini," ungkap Mentan Amran. 

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label