Persiapan Operasi, Bakamla RI Gelar Latihan Manuver Lapangan di Ambon

Persiapan Operasi, Bakamla RI Gelar Latihan Manuver Lapangan di Ambon.
MedanEkspress | Ambon - Bakamla RI mengadakan kegiatan Latihan Bersama (Latma) Manuver Lapangan (Manlap) Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum (KKPH) di Laut Wilayah Timur Tahun 2024. Latihan dibuka oleh Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam Endrasmoro, di Ambon, Selasa (5/3/2024).

Latihan diselenggarakan selama 5 hari ini, diikuti sebanyak 40 peserta yang berasal dari Instansi Terkait dan Teknis di wilayah Ambon, meliputi TNI AL, Polri, Basarnas, Ditjen Imigrasi, Ditjen Hubla, Ditjen Bea Cukai, DLH Prov. Maluku, serta pengawak KN Kuda Laut 403 milik Bakamla RI.
 
Persiapan Operasi, Bakamla RI Gelar Latihan Manuver Lapangan di Ambon.
Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., yang dibacakan oleh Laksma Bakamla Agam. 

“Sebelum diadakannya Patroli Bersama, perlu diadakan pembinaan melalui Latihan Bersama, baik klasikal maupun manuver lapangan, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan meningkatkan sinergi yang telah terbentuk selama ini.”, ujarnya.

“Latihan Bersama ini dirancang mendekati kejadian sebenarnya. Untuk itu, para peserta agar serius dan penuh tanggung jawab dalam mengikuti latihan ini. Serta Kepala Bakamla RI berharap, kedepan aktivitas dalam menjaga dan mengamankan keamanan dan keselamatan di laut akan terjalin sinergitas dan kolaboratif, sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.”, ujarnya kemudian.
 
Persiapan Operasi, Bakamla RI Gelar Latihan Manuver Lapangan di Ambon.
Dalam latihan ini, terdapat beberapa materi yang diberikan, meliputi Isu Terkini Permasalahan KKPH di Perairan Ambon dan sekitarnya, Kebijakan dan Strategi Pengawasan SDKP dalam rangka Penanggulangan IUU Fishing (IUUF), Manajemen Penangan Pencemaran di Laut. 

Dilanjutkan pada hari kedua, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Management SAR, Tactical Floor Game (TFG) Patroli Bersama atau Skenario SAR.

Hari ketiga, TFG Patroli Bersama Skenario IUUF dan Skenario TPPO. Hari selanjutnya yakni, Apel Kesiapan Latma. Dan di hari terakhir, dilakukan pengkajian ulang serta penutupan. 

Sumber: Humas Bakamla RI
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label