Danrem 032/Wbr Cek Lokasi Terdampak Banjir Lahat Dingin Gunung Marapi

Danrem 032/Wbr Cek Lokasi Terdampak Banjir Lahat Dingin Gunung Marapi.
 MedanEkspress | Agam - Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl didampingi Dandim 0304/Agam Letkol Arm Bayu Ardhitya Nugroho turun langsung mengecek lokasi terdampak banjir lahar dingin Gunung Marapi di Jorong Kubang Duo Koto Panjang, Nagari Bukik Batabuah, Kec. Canduang, Kab. Agam, Sabtu (6/4/2024).

Diketahui, telah terjadi banjir yang membawa lahar dingin Gunung Marapi melanda dua Kecamatan di Kabupaten Agam Sumatera Barat, pada Jumat sore (5/4/2024).

Menurut informasi dari posko penanganan banjir lahar dingin Gunung Marapi, diketahui tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda dua kecamatan di Kabupaten Agam.
 
Danrem 032/Wbr Cek Lokasi Terdampak Banjir Lahat Dingin Gunung Marapi.
Namun tercatat, ada sebanyak 7 KK (31 jiwa) masyarakat yang mengungsi dan 78 KK (256 jiwa) masyarakat terdampak serta mengakibatkan kerugian materil tercatat 3 rumah hanyut, 38 unit kerusakan tempat usaha dan 50 unit rumah terdampak.

Dilokasi, Danrem 032/Wbr menyampaikan rasa turut prihatin dengan musibah bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang menerjang beberapa lokasi di Kabupaten Agam.

“Musibah bencana ini tidak kita inginkan dan mudah - mudahan tidak terjadi lagi,” pungkas Danrem.
 
Danrem 032/Wbr Cek Lokasi Terdampak Banjir Lahat Dingin Gunung Marapi.
Danrem 032/Wbr menyebutkan bahwa seluruh pihak sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik, dibuktikan dengan tidak adanya korban jiwa dalam musibah bencana ini.

"Kita sudah berkoordinasi, semua instansi sudah bergabung menjadi satu dan bekerjasama dengan baik, dan hari ini kita lihat alat berat sudah bekerja untuk menormalisasi sehingga harapannya aliran sungai ini bisa lancar dan tidak terhalangi", ujarnya.

Danrem 032/Wbr juga menambahkan, bahwa pihak terkait sudah sering memberikan edukasi melalui pemberitahuan dan pengumuman kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat yang berada di sekitar bantaran sungai untuk selalu waspada dengan banjir lahar dingin Marapi.
 
Danrem 032/Wbr Cek Lokasi Terdampak Banjir Lahat Dingin Gunung Marapi.
“Sebagaimana diketahui, erupsi gunung Marapi hampir selalu terjadi dan otomatis banyak material dari dalam kawah gunung yang ditumpahkan menumpuk di puncak gunung Marapi. Bila turun hujan intensitas tinggi, maka air hujan akan membawa hanyut material itu melalui sungai-sungai yang berhulu di gunung Marapi, hal itu bisa membahayakan masyarakat di sepanjang bantaran sungai,” sebut Danrem.

"Diharapkan masyarakat selalu berhati-hati dan waspada terhadap lahar dingin Gunung Marapi", imbuhnya.

Usai melaksanakan pengecekan di Nagari Bukik Batabuah, Danrem 032/Wbr melanjutkan pengecekan lokasi terdampak bencana di jalan penghubung Padang-Bukittinggi Nagari Aie Angek, Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar.

Sumber: Penrem 032/Wbr
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label