Optimalisasi Program Hanpangan, PPAD Sumut Bidani Pembentukan Poktan

Ketua PPAD Sumut foto bersama staf PT Inalum dan warga Desa Tj Gading di lahan ketahanan pangan. 
MedanEkspress | Tj Gading - Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Sumatera Utara terus berinovasi dalam mengoptimalkan program Ketahanan Pangan (Hanpangan) di wilayah. 

Salah satunya dengan membidani pembentukan kelompok tani (poktan) untuk budidaya tanaman singkong alias ubi kayu. 

Embrio dari inovasi tersebut dicetuskan Ketua PPAD Sumut, Kolonel Purn Ganda Simanjuntak, SSos, saat meninjau lahan ketahanan pangan PPAD Sumut seluas 10 Ha di areal PT Inalum di Desa Tj Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Kamis (25/4/2024) siang. 
Ketua PPAD Sumut bersama pengurus saat meninjau lahan ketahanan pangan di areal PT Inalum di Desa Tj Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara. 
"Gagasan membentuk poktan ini guna meningkatkan produktivitas tanaman singkong yang saat ini sedang diusahai PPAD Sumut," ucap Ganda Simanjuntak. 

Menurut Ganda, dengan dibentuknya poktan yang melibatkan warga sekitar Desa Tj Gading bersama unsur pengurus PPAD Sumut, maka progres budidaya tanaman singkong bisa lebih maksimal, baik dari sisi produktivitas maupun efektivitas kerja. 
 
Bahkan dengan membentuk poktan, Ganda optimistis langkah PPAD Sumut untuk optimalisasi tanaman singkong, baik dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan, maupun sebagai upaya organisasi untuk memberi tambahan kesejahteraan kepada para purnawirawan, bisa segera diwujudkan.
 
Dalam peninjauan ke lahan ketahanan pangan di areal PT Inalum di Desa Tj Gading, muncul gagasan dari Ketua PPAD Sumut untuk membentuk kelompok tani.
"Semua upaya yang kita lakukan itu semata-mata sebagai implementasi dari gagasan almarhum Ketua Umum PPAD, Letjen TNI Purn Doni Monardo, yakni  menjadikan para purnawirawan sebagai enterpreneur," ungkap Ganda.

Di samping itu, lanjut Ganda, pembentukan poktan juga sebagai evaluasi dari hasil pilot project penanaman singkong seluas 3 Ha di lahan ketahanan pangan PPAD Sumut di Desa Tj Gading tersebut. 

Di mana, dari cakupan luas tanam yang dikerjakan, hasil panen singkong yang diperoleh pada 1-2 April 2024 lalu, masih dirasa belum maksimal. 
 
Ketua PPAD Sumut bersama staf PT Inalum saat meninjau lahan ketahanan pangan di Desa Tj Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara.
"Dari penanaman seluas 3 Ha tersebut, hasilnya cuma 50,165 ton singkong. Itu jelas tidak maksimal. Karenanya, kita perlu terobosan dengan melibatkan poktan, sehingga hasil penen singkong bisa memenuhi target, minimal 50 ton per hektar," terangnya.

Untuk realisasi pembentukan poktan yang namanya akan ditentukan kemudian, Ganda mengaku kalau PPAD Sumut sudah mengundang Lian Basri Hasibuan, penggiat tanaman hortikultura sekaligus tokoh pertanian Kabupaten Batubara di Desa Tj Gading. 

"Kita harapkan Pak Lian Hasibuan --begitu sapaan akrabnya--, bisa membantu upaya PPAD Sumut dalam optimalisasi tanaman singkong untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah Sumatera Utara," ujar Ganda.

Apresiasi PPAD Sumut
 
Ketua PPAD Sumut menyerahkan bantuan sembako dan tali asih kepada warga di sela peninjauan lahan ketahanan pangan di areal PT Inalum di Desa Tj Gading, Kecamatan Sei Suka, Batubara.
Sebagai bentuk kesungguhan dan komitmen PPAD Sumut dalam mendukung realisasi program ketahanan pangan, Ganda didampingi Sekretaris, Kolonel Purn Soehardjito HS, Ka TUUD, Letkol Purn Warsono, serta anggota, Serma Purn Sumirin Juned, secara simbolis memberikan bantuan sembako dan tali asih kepada Pak Lian Hasibuan beserta beberapa orang warga Desa Tj Gading.

Ganda berharap, pemberian ini bisa menjadi penambah semangat dan motivasi dalam pembentukan poktan yang akan dibidani secara bersama oleh Pak Lian Hasibuan dengan Letkol Purn Warsono.
 
Sekretaris PPAD Sumut juga turut menyerahkan bantuan sembako dan tali asih secara simbolis kepada warga Desa Tj Gading.
"Kita sudah menunjuk Letkol Purn Warsono sebagai koordinator pembentukan poktan dari sisi PPAD Sumut. Semoga kolaborasi pembentukan poktan ini bisa segera ditindaklanjuti ke Dinas Pertanian Pemkab Batubara, sehingga upaya intensifikasi maupun ekstensifikasi pertanian tanaman singkong bisa berjalan lebih maksimal," terang Ganda. 

Hadir di lokasi peninjauan lahan sekaligus pemberian bantuan dan tali asih PPAD Sumut ini, Kabag Umum PT Inalum, Tober Sidabutar serta Manager Gardener PT Inalum, Hendra Situmorang.

Sumber: Humas PPAD Sumut 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label