10 Babinsa Koramil 0206-04/TL Ikuti Zoom Meeting ToT Darurat Pangan, Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan

10 Babinsa Koramil 0206-04/TL Ikuti Zoom Meeting ToT Darurat Pangan, Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan.
MedanEkspress | Sidikalang – Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di wilayahnya, Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi menyelenggarakan kegiatan zoom meeting tentang ToT (Training of Trainer) Darurat Pangan bertempat di aula Koramil 04/Tigalingga Jalan Sisingamangaraja Tigalingga kecamatan Tigalingga kabupaten Dairi pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang Babinsa Koramil 04/Tigalingga dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menghadapi ancaman krisis pangan. 

Zoom meeting dibuka oleh Kepala Badan PPSDMP, Dr. Wahida Annisa Yusuf, Sp. MSc., dan menghadirkan narasumber ternama di bidang pertanian, yaitu Heru Tri Widarto, SSi., MSc., Sekretaris Dirjen Perkebunan, Ir. Baginda Siagian, MSI., Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Ditjen PSP, dan Adi Widianto, Sp. Mp., sebagai moderator.

Dalam zoom meeting tersebut, para Babinsa mendapatkan materi yang komprehensif tentang berbagai aspek darurat pangan, termasuk:

Peningkatan luas tanam: Para Babinsa dibekali pengetahuan tentang strategi dan teknik untuk meningkatkan luas tanam padi di wilayahnya.

Tumpang sari: Para Babinsa mempelajari cara-cara efektif untuk menerapkan sistem tumpang sari, yaitu menanam dua jenis tanaman atau lebih dalam satu lahan secara bersamaan.

Pengajuan Bantuan Benih: Para Babinsa mendapatkan informasi tentang prosedur dan persyaratan untuk mengajukan bantuan benih padi kepada pemerintah.

Ketersediaan benih per 1 Mei 2024: Para Babinsa mengetahui jenis dan jumlah benih padi yang tersedia di wilayahnya per 1 Mei 2024.

Kreteria lokasi: Para Babinsa memahami kriteria lokasi yang layak untuk menerima bantuan benih padi.

Alur usulan calon petani calon lokasi (CPCL) penerima bantuan benih padi: Para Babinsa mempelajari alur usulan CPCL penerima bantuan benih padi.

Mejanisme pengadaan benih: Para Babinsa mengetahui mekanisme pengadaan benih padi yang dilakukan oleh pemerintah.

LO BABEN untuk giat antisipasi darurat pangan: Para Babinsa memahami peran dan fungsi LO BABEN dalam kegiatan antisipasi darurat pangan.
 
10 Babinsa Koramil 0206-04/TL Ikuti Zoom Meeting ToT Darurat Pangan, Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan.
Pengelolaan dan budidaya padi lahan rawa: Para Babinsa mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan dan budidaya padi lahan rawa yang efektif.
Dengan mengikuti zoom meeting TOT Darurat Pangan ini, diharapkan para Babinsa Koramil 04/Tigalingga dapat:
Memahami konsep dan strategi darurat pangan.

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya padi.
Membantu petani dalam meningkatkan produksi padi. Berperan aktif dalam mengantisipasi ancaman krisis pangan di wilayahnya.

Serma Imanuel Ginting, selaku Babinsa tertua di Koramil 04/Tigalingga yang mengikuti kegiatan, menyatakan bahwa TOT Darurat Pangan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat ketahanan pangan di wilayah Koramil 04/Tigalingga. 

"Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan, para Babinsa diharapkan dapat membantu petani dalam meningkatkan produksi padi dan mencegah terjadinya krisis pangan di wilayahnya," jelas Serma Imanuel Ginting.

Kegiatan TOT Darurat Pangan ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. 

Dengan meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya, Koramil 04/Tigalingga diharapkan dapat berkontribusi pada pencapaian program tersebut.

Sumber: Kodim 0206/Dairi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label