Babinsa Koramil 0308-08/Sungai Garingging Hadiri Acara Batagak Gadang Malewakan Gelar Sako Adat

Babinsa Koramil 0308-08/Sungai Garingging Hadiri Acara Batagak Gadang Malewakan Gelar Sako Adat.
MedanEkspress | Sungai Garingging - Babinsa Koramil 0308-08/Sungai Geringging, Kodim 0308/Pariaman, Serda Rahmad Irawan menghadiri undangan Batagak Gala atau pengukuhan gelar adat kepada Abu Zanar yang dipercaya oleh Kaum Suku Koto menjadi pucuk pimpinan adat.

Dalam pengukuhan ini, Abu Zanar diberi gelar Datuak Bandaharo. Kegiatan dilaksanakan di Korong Padang Gantiang, Nagari Balai baiak Kec. IV Koto Aur Malintang Kab. Padang Pariaman, Minggu (05/05/2024).

Di tengah kemajuan teknologi yang makin pesat, nilai-nilai budaya dan sosial kemasyarakatan kian menipis. Bahkan nilai-nilai budaya dan etika juga memudar. Untuk itu fungsi dan peran Niniak Mamak sangat diperlukan.
 
Babinsa Koramil 0308-08/Sungai Garingging Hadiri Acara Batagak Gadang Malewakan Gelar Sako Adat.
Inti dari tugas Niniak Mamak mengamankan keluarga, membimbing sanak kemanakan dan memberikan peran dalam masyarakat dalam balutan adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabulllah. Selebihnya adalah peran seorang Penghulu atau Datuk.

Selamat memangku amanah sebagai Penghulu serta berharap dengan dilewakan Gelar Sako Adat agar Bapak Abu Zanar Dt Bandaharo menambah kebaikan serta menjaga nilai-nilai adat agar selalu melekat dalam diri masyarakat dan menjadi pemimpin adat yang jujur dan adil dalam mengambil keputusan dalam kaum sukunya.

Sumber: Kodim 0308/Pariaman 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label