Irup Bendera, Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila ke Siswa SD

Irup Bendera, Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila ke Siswa SD.
MedanEkspress | Sei Bamban - Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah, Kodim 0204/Deli Serdang, Pelda Jajang Mustopa menjadi Irup Bendera di salah satu Sekolah Dasar di Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (6/5/2024).

Upacara bendera dilaksanakan dengan peserta para siswa, guru dan dua personil Babinsa Koramil 0204-10/SR.

Kegiatan upacara bendera setiap hari Senin ini selalu menghadirkan Babinsa sebagai Inspektur Upacara, dengan harapan tidak saja bisa memberikan contoh kedisiplinan, tetapi juga bisa membekali jiwa nasionalisme dan semangat bela negara di dalam sanubari para siswa sekolah dasar.

Begitu juga yang dilakukan Pelda Jajang Mustopa saat memberikan amanat upacara bendera di sekolah dasar tersebut. 

Di sana, Pelda Jajang Mustopa memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Yakni tentang nilai-nilai Pancasila yang saat ini semakin pudar di kalangan para siswa sekolah.

Dikatakan Pelda Jajang Mustopa, sebagai Babinsa, dirinya berkewajiban untuk bisa menanamkan lagi nilai-nilai Pancasila, agar tidak hilang jiwa nasionalismenya sebagai Pelajar serta masyarakat penerus bangsa dan negara Indonesia. 

"Nilai-nilai Pancasila yang perlu dipelihara oleh setiap anak bangsa Indonesia, yakni nilai Ketuhanan, nilai Kemanusiaan, nilai Persatuan, nilai Kerakyatan, dan nilai Keadilan Sosial," jelas Pelda Jajang Mustopa.

Nilai-nilai Pancasila ini bukan sekadar simbol atau kalimat-kalimat yang harus dihafalkan, tetapi harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini.
 
Irup Bendera, Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila ke Siswa SD.
Yakni, saling bertoleransi antarumat beragama, baik kepada teman, saudara, maupun tetangga, serta hidup rukun antarumat beragama dan tidak mengganggu ibadah mereka.

Kemudian, saling menyayangi sesama umat manusia dengan bergaul tanpa membedakan suku, ras, agama, kekayaan, maupun derajat sosial lainnya, serta bersikap tenggang rasa dengan cara menghargai pendapat orang lain. 

Lalu, cinta tanah air dan bangsa. Misalnya menjaga lingkungan, mematuhi peraturan, bangga dengan produk dalam negeri, serta mau bergotong royong membersihkan kampung atau membersihkan kelas.

Nilai Pancasila ke empat, adalah mengambil keputusan dengan cara musyawarah dan mengedepankan kepentingan umum, menghormati setiap hasil keputusan musyawarah yang diputuskan secara bersama, serta bebas menyampaikan pendapat dengan cara-cara yang santun dan sopan.

Terakhir, bersungguh-sungguh dalam belajar dan melaksanakan kewajiban yang diberikan, menghormati hak-hak orang lain, bersikap adil dengan teman dan saudara, serta menghargai dan tidak mencela hasil karya orang lain.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label