Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro: Melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB, Ketahanan Wilayah akan Kuat

Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro: Melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB, Ketahanan Wilayah akan Kuat.
MedanEkspress | Panai Tengah - Pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) adalah upaya, usaha, pekerjaan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Satuan TNI AD yang berhubungan dengan perencanaan, persiapan, pelaksanaan,dan pengakhiran dalam rangka mewujudkan kekuatan ketahanan wilayah aspek Darat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, instansi terkait/stakeholder, dan komponen bangsa melalui pembinaan Geo, Demo, dan Komsos guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD ke-120 Kodim 0209/Labuhan Batu,Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro S.I.P kepada awak media, Selasa 27 Mei 2024 menanggapi kegiatan TMMD ke-120 Tahun 2024 yang dilaksanakan Kodim 0209/LB, Korem 022/PT, Kodam I/Bukit Barisan di wilayah Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Menurut Dansatgas bahwa kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024 bertemakan "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah", tersebut sebanyak 165 orang personel gabungan terdiri dari TNI Polri, Pemda dan warga dibantu alat berat melaksanakan program sasaran fisik dan non fisik TMMD 120. 

Sejak dibukanya kegiatan TMMD 120 para personel Satgas terdiri dari prajurit TNI AD sebanyak 119 personel. Dari Yonif 126/Kala Cakti, Yonzipur 1/Dhira Dharma dan personel Kodim 0209/LB jajaran.
 
Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro: Melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB, Ketahanan Wilayah akan Kuat.
Sedangkan dari TNI AL dari Lanal Tanjung Balai 5 personel, TNI AU 5 personel dari Lanud Soewondo dan personel Polres Labuhanb Batu 10 orang dibantu Pemda 10 orang dan warga masyarakat 15 orang berbaur bahu membahu mengerjakan sasaran fisik utama peningkatan badan jalan sepanjang 1. 550 meter dengan lebar 5,5 meter dari Desa Selat Beting menuju Desa Sei Siarti dan sasaran tambahan pembuatan tiga unit sumur bor air bersih layak konsumsi Program Unggulan Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. 

Disini personel Satgas bukan hanya membangun sarana infrastruktur untuk mendukung Pemda saja, melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB ketahanan wilayah akan kuat dan kokoh sehingga tercipta pembinaan teritorial (Binter).

Abituren Akmil 2003 yang pernah menjabat sebagai Danyonif Para Raider 433/Julu Siri Kostrad ini menambahkan,selain mewujudkan pembangunan bersama Pemda, kegiatan TMMD ke-120 Kodim 0209/LB ini juga memperkuat ketahanan wilayah dengan program non fisik yang dilakukan Satgas.

"Lewat TMMD pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) akan kuat dan dengan kuatnya masyarakat tentu ketahanan wilayah juga kuat,"tegasnya. 
 
Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro: Melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB, Ketahanan Wilayah akan Kuat.
Lanjut dijelaskan bahwa ada program-program Bintahwil di lokasi TMMD ke-120 Kodim 0209/LB yakni program non fisik seperti penyuluhan Wasbang,Bela Negara dan sosialisasi lainnya serta Kamtibmas yang diisi dengan pihak Kepolisian. "Kuatnya Bintahwil juga didukung pihak Kepolisian ,Pemda dan masyarakat," sebut Letkol Yudi. 

Dikatakannya,bahwa kegiatan TMMD ke-120 yang paling istimewa adalah mewujudkan pembangunan dengan cepat dan hasil yang baik,dengan waktu sebulan personel Satgas mampu menuntaskan beberapa sasaran fisik disini,contohnya yang dilaksanakan Kodim 0209/LB membangun peningkatan infrastruktur jalan sekarang sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.

"TMMD ke-120 Kodim 0209/LB ini membawa perubahan bagi warga Desa Selat Beting kearah yang lebih baik dan bermanfaat," sebutnya.  

Dansatgas juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan TMMD untuk membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur demi kemajuan desa sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. 

Seluruh fasilitas infrastruktur yang dibangun oleh Satgas seperti peningkatan jalan, sasaran tambahan pembuatan tiga titik sumur bor berikut kamar mandi umumnya serta kegiatan non fisik seluruhnya nantinya akan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat disini.

"Untuk peningkatan jalan nantinya akan berfungsi untuk memperlancar transportasi guna meningkatkan perekonomian masyarakat," jelas Letkol Yudi. 
 
Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro: Melalui TMMD ke-120 Kodim 0209/LB, Ketahanan Wilayah akan Kuat.
Selain itu,tujuan lebih besar dari kegiatan TMMD ini adalah untuk membangun sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga bisa mempermudah akses dalam menggerakkan roda perekonomian bagi warga.

"Saya berharap hasil karya Satgas TMMD ke-120 Kodim 0209/LB dapat dipelihara dan bermanfaat bagi semua masyarakat dalam menunjang kegiatan sehari-hari," pesannya seraya menambahkan semua pekerjaan fisik berjalan lancar. 

Saat ini, kata Dansatgas pekerjaan peningkatan jalan sudah mencapai maksimal tinggal menunggu pengerasan saja. Jalan sudah bisa dimanfaatkan warga masyarakat. Dan untuk sasaran tambahan pembuatan tiga titik sumur bor berikut tandon dan kamar mandinya dua unit sudah digunakan masyarakat. 

"Air bersih layak konsumsi Program Unggulan Bapak Kasad telah dimanfaatkan masyarakat, dan jalan juga sudah bisa diakses masyarakat untuk berdagang," tandasnya.

Sumber: Kodim 0209/LB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label