Sukseskan Hanpangan, Babinsa Koramil 0203-06/Bahorok Bantu Petani Semprot Padi

Sukseskan Hanpangan, Babinsa Koramil 0203-06/Bahorok Bantu Petani Semprot Padi.
MedanEkspress | Bahorok - Babinsa Koramil 0203-06/Bahorok, Kodim 0203/Langkat, Serka Tengku Ibrahim melaksanakan pendampingan penyemprotan tanaman padi di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Rabu (8-5-2024).

Penyemprotan tanaman padi jenis Ciherang di lahan seluas 0,4 hektar milik Bapak Arfan, anggota Tani makmur, Desa Timbang Lawan dengan menggunakan satu unit hand sprayer dan mendapatkan pendampingan dari Babinsa setempat.

Dilakukannya penyemprotan pada tanaman padi dengan tujuan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari segala gangguan hama sehingga pertumbuhannya tetap optimal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen yang maksimal. 

Gangguan tersebut bisa datang dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berupa serangan hama dan penyakit, adanya gulma, dan lain-lain.

Serka Ibrahim mengatakan, waktu penyemprotan yang baik, pada pagi hari yaitu ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat atau antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 11.00.

Saat matahari menyengat wereng akan bersembunyi sehingga kesulitan untuk kontak dengan insektisida. Untuk itu jangan menyemprot saat panas terik dan kering, atau saat angin sangat kencang dan bila akan turun hujan, terangnya.

Sedangkan pada sore hari, penyemprotan dilakukan pada pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00. Lakukan penyemprotan pada pangkal batang padi, karena saat itu wereng biasanya menetap pada pangkal batang padi, tambahnya.

Sumber: Kodim 0203/Langkat
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label