Tinjau Nagari Lima Kaum, Pangdam I/BB Serahkan Bantuan Kemanusiaan

Tinjau Nagari Lima Kaum, Pangdam I/BB Serahkan Bantuan Kemanusiaan.
MedanEkspress | Padang - Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan didampingi Asintel Kasdam I/BB, Kolonel Inf Robianto Gadji SIP, serta Asops Kasdam I/BB, Kolonel Inf Jansen P Nainggolan, meninjau sejumlah lokasi bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang menghantam enam kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat, Rabu (15/5/2024). 

Salah satu lokasi bencana yang ditinjau adalah Nagari Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. 

Dalam peninjauan ini, Pangdam hadir bersama Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, Pangkogabwilhan I, Laksdya TNI Agus Hariadi, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, Danlantamal II Padang, Laksma TNI Syufenri, serta pejabat TNI-Polri dan Forkopimda lainnya.
 
Pangdam I/BB bersama Kepala BNPB meninjau lokasi bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Lima Kaum.
Tujuan Pangdam meninjau ke lokasi untuk memastikan Prajurit TNI AD di bawah kendali Korem 032/Wirabraja bekerja secara maksimal dalam membantu proses evakuasi dan pencarian korban meninggal maupun yang hilang.

Di samping itu, peninjauan ini juga untuk menilai langsung dampak bencana serta mengkoordinasikan upaya penanganan dan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana. 

"Tadi kita sudah menyerahkan bantuan kemanusiaan secara simbolis untuk warga masyarakat terdampak di Nagari Lima Kaum ini," ucap Mayjen Hasan.
 
Danrem 032/Wbr (kiri) ikut mendampingi Pangdam I/BB dalam peninjauan lokasi bencana di Nagari Lima Kaum.
Hingga Selasa malam (14/5/2024) pukul 22.00 Wib, BPBD Kabupaten Tanah Datar mencatat 24 orang meninggal, dan 10 orang hilang. 

Jumlah pengungsi di Kabupaten Tanah Datar mencapai 2.758 jiwa yang tersebar di enam kecamatan. Sedangkan Kecamatan Lima Kaum tercatat paling banyak pengungsinya, mencapai 1.191 jiwa. 

Secara total, jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor di Sumbar menjadi 54 orang dan 21 lainnya dalam pencarian.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label