Dukung Program Unggulan Kasad, Dandim 0205/TK Instruksikan Jajaran Gelar Penghijauan Sistem Seed Ball

Dukung Program Unggulan Kasad, Dandim 0205/TK Instruksikan Jajaran Gelar Penghijauan Sistem Seed Ball.
MedanEkspress | Tanah Karo - Dandim 0205/Tanah Karo, Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti menginstruksikan satuan di jajarannya untuk melaksanakan penghijauan di wilayah sekitar dengan menerapkan pola Seed Ball (Bola Benih).

Pola penghijauan seperti ini dimaksudkan tidak hanya untuk membantu kesulitan masyarakat dan mendukung pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah, termasuk dalam menjaga kelestarian alam, serta menyukseskan Program KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yaitu "TNI-AD Menyatu Dengan Alam" yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dari bencana maupun membangun sistim resapan air di Kabupaten Karo yang lebih dikenal dengan julukan Tanah Karo Simalem.

Dandim menjelaskan, penanaman pohon dengan sistem Seed Ball juga memanfaatkan potensi benih tanaman keras yang ada di wilayah masing-masing untuk dikembangkan dan dibudidayakan guna mendukung dan menjaga kelestarian ekosistem lingkungan hidup.

Kodim 0205TK melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya Satuan Komando Teritorial dan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial TNI di wilayah. 
 
Dukung Program Unggulan Kasad, Dandim 0205/TK Instruksikan Jajaran Gelar Penghijauan Sistem Seed Ball.
Kegiatan yang dilaksanakan bersama  masyarakat desa merupakan langkah awal untuk menanggulangi ataupun mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor di wilayah perbukitan gundul yang berdampak kepada timbulnya bencana alam yang mengakibatkan kerugian materi bahkan korban jiwa. Selain itu dengan dilakukannya penghijauan ini untuk menjadikan sarana penyimpanan air di alam. 

Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti menerangkan bahwa pihak Kodim 0205/Tanah Karo dalam melaksanakan program "TNI Menyatu Dengan Alam" tersebut, dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh wilayah binaan Koramil jajaran. 

"Kami juga meminta kepada berbagai elemen masyarakat bisa mendukung sepenuhnya dalam kegiatan penanaman pohon di lahan kritis atau gundul. Selain kegiatan penanaman pohon pihak Koramil bersama pihak Dinas Kehutanan, Manggala Agni dan Pihak Polsek melakukan patroli Karhutla untuk mencegah terjadinya kebakaran maupun pembalakan hutan," jelas Dandim.
 
Dukung Program Unggulan Kasad, Dandim 0205/TK Instruksikan Jajaran Gelar Penghijauan Sistem Seed Ball.
Sesuai atensi dari Pimpinan TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yakni agar TNI menyatu dan mencintai alam karena kita butuh bumi tetap hijau, maka wujud dari hal itu, personel TNI dan PNS Kodim 0205/Tanah Karo melaksanakan penanam pohon dengan berbagi cara termasuk menggunakan sistem Seed Ball.

Kegiatan ini akan dijadikan tradisi baru, dan harus berkelanjutan. Pihak TNI melakukan ini pengaman secara alami ini dan akan mewariskan kepada anak dan cucu untuk kepentingan di masa depan. 

Dandim 0205/Tanah Karo, Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti juga mengungkapkan tahapan penyiapan atau pembuatan Seed Ball. 
 
Penghijauan dengan sistem Seed Ball dilaksanakan pada wilayah lereng yang tandus.
Yaitu dimulai dari penyiapan median tanah serta pupuk, kemudian memilih benih pohon tanaman keras, selanjutnya melakukan proses pembuatan bola benih (Seed Ball), masuk ke proses pengeringan, dan selanjutnya pencarian lahan. 

Setelah semua proses dilakukan, personel Kodim 0205/TK khususnya para Babinsa melakukan proses pelemparan bola benih, sekaligus memantau, menunggu dan memonitor proses pertumbuhan tanaman.
 
Bentuk Seed Ball yang telah disiapkan personil jajaran Kodim 0205/TK.
TNI khususnya Kodim 0205/TK berharap dengan penghijauan menggunakan sistem seed ball ini benih atau biji tanaman keras yang telah terbungkus oleh tanah dicampur pupuk dapat terangsang pertumbuhannya, sehingga diharapkan tanaman tumbuh dengan baik dan dapat menghijaukan lahan kritis guna menjaga ekosistem alam.

"Program 'TNI Menyatu dengan Alam' harus sukses. Oleh sebab itu, kami meminta kepada masyarakat dan berbagai instansi untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0205/Tanah Karo ini," urai Letkol Ahmad Afriyan Rangkuti.

Sumber: Kodim 0205/TK
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label