Portal Berita Militer Okebung.com Beri Pelatihan Jurnalistik Aparatur Desa Jaringan Lingkar Tambang Emas Martabe


MedanEkspress | Tapsel
- Dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur desa untuk membuat laporan kegiatan dan informasi desa ke masyarakat, lembaga pemberdayaan pemerintahan desa, Bantudesa menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Photography kepada para aparatur desa yang berada di kawasan lingkar tambang Martabe PT Agincourt Resources.

Kegiatan tersebut berlangsung pada pekan kemarin selama kurun waktu 3 hari, Senin (14/02) hingga Rabu (16/02/22), yang dipusatkan di Sopo Daganak, Desa Napa, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Selama kurun waktu tiga hari tersebut, sebanyak 27 orang peserta yang terdiri dari unsur aparatur desa jaringan lingkar tambang, Lembaga Nirlaba Persada, serta staf Divisi Community Relation PT Agincourt Resources mendapatkan pelatihan jurnalistik dan photography dasar dari Tim Bantudesa berkolaborasi dengan Portal Berita Militer okebung.com.


Pada sesi pembukaan acara tersebut, Manager Community Relation Agincourt Resources Masdar Muda Hasibuan berharap, agar para peserta pelatihan bisa mengambil manfaat yang sebaik-baiknya dari program kegiatan tersebut.

“Kami berharap agar para peserta bisa memanfaatkan momen pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dalam menulis berita dan informaai aa kegiatan desa. Karena dengan adanya berita-berita kegiatan desa, maka masyarakat bisa dengan cepat mendapatkan informasi tentang perkembangan pembangunan, pelayanan maupun peristiwa di desa tersebut,” ungkap Masdar Muda.

Pada kesempatan yang sama, Camat Batang Toru Mara Tinggi Harahap juga meminta kepada peserta untuk bersiap untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam menghadapi perubahan zaman yang sedemikian pesatnya, khususnya di bidang informasi.

Mara Tinggi menegaskan, salah satu bentuk implementasi digitalisasi pelayanan kepada masyarakat desa yang ada di Kecamatan Batang Toru adalah menyangkut penyampaian informasi berbagai kegiatan desa melalui situs web atau portal berita desa, yang butuh di update beritanya setiap saat.

“Itu sarana informasi di desa sudah ada  situs web  desa yang diterapkan. Namun saya jarang melihat update beritanya. Kenapa lamban sekali melakukan update informasi, padahal itu sangat dibutuhkan masyarakat luas,” ungkapnya dengan rasa kecewa.

Karena itu, dirinya sangat berharap kepada aparatur desa untuk terus  berupaya meningkatkan kapasitas dirinya. Terutama di bidang penyajian serta pengolahan informasi berupa berita kegiatan desa.

“Teruslah tingkatkan kemampuan kalian. Pelatihan jurnalistik ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan aparat desa dalam mengolah dan menyajikan informasi berita desa. Kalian nanti diharapkan bisa menyajikan berita kepada masyarakat desa dengan bahasa yang bagus, enak dibaca dan dilengkapi dengan foto yang berkualitas,” ungkapnya lagi dengan penuh harap.

Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi tersebut difasilitasi oleh pengelola Tambang Emas Martabe Divisi Community Relationship Agincourt Resources dengan melibatkan Konsultan Bantudesa.id serta Lembaga Nirlaba Persada (Perkumpulan Sahabat Cerdas). Bertindak sebagai instruktur yakni Redaktur Pelaksana Portal Berita Militer okebung.com, Khairal Asyifa Noer Sinaga dan Staf Ahli Bahasa Asing okebung.com Ir Zulham Noer.S

Dalam kegiatan tersebut para peserta dibimbing oleh instruktur untuk mendapatkan berbagai kiat-kiat menjadi seorang jurnalis, trik untuk melihat nilai sebuah berita, teknik reportase, teknik menulis berita, serta photography dasar. Sehingga diharapkan nantinya para peserta bisa menghasilkan laporan reportase dan laporan kegiatan desa menjadi sebuah tulisan yang lugas dan enak dibaca, kaya informasi serta mampu memberikan motivasi kepada masyarakat.


Salah seorang instruktur pelatihan, Zulham Noer S mengungkapkan, kegiatan pelatihan tersebut menerapkan konsep Learning by Doing, yakni belajar sambal langsung praktik di lapangan, dengan perbandingan 20% teori dan selebihnya adalah praktik langsung.

Pelatihan itu diikuti sebanyak 27 orang peserta dari unsur aparat 6 desa yang berada di bawah jaringan lingkar tambang yakni Desa Batuhula, Desa Napa, Desa Telo, Desa Sumuran, Kelurahan Aek Pining dan Desa Muara Huta Raja dari Kecamatan Muara Batang Toru, staff Community Relation Agincourt Resources serta staff lembaga Persada.

Turut hadir pada pembukaan acara itu Manager Community Relationship Agincourt Resources Masdar Muda Hasibuan, Superintendent Divisi Communication Relation Sugeng Maskat, serta Kadis Infokom Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan diwakili oleh sekretaris Infokom Ilyas Pasaribu.

Sumber: Tim bantudesa dan okebung.com
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label