Fasharkan Manokwari Pasang Meriam 30 mm di Tiga Kapal Perang Koarmada III


MedanEkspress | Manokwari - Tiga KRI dibawah jajaran TNI AL/Koarmada III mellaksanakan pemasangan Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 di Fasharkan Manokwari Papua Barat, dalam pemasangan meriam tersebut Dua KRI yaitu KRI Layaran-854 dan KRI Tatihu-853 telah selesai dan berhasil melaksanakan kegiatan Sea Acceptance Test (SAT) atas Meriam Kaliber 30 MM yang dilaksanakan di perairan utara Papua, sedangkan KRI Madidihang-855 pelaksanaan uji coba penembakan akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan. Kamis (28/04/22).

Ketiga KRI tersebut merupakan produk anak bangsa, dibuat oleh PT Palindo Marine Shipyard Batam, saat ini beroperasi di wlayah kerja Komando Armada III yang terbentang dari perairan Maluku, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua dan Papua Barat. Adapun pemasangan Meriam 30 mm tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kekuatan tempur dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan dan keamanan laut di wilayah kerja Koarmada III.

Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 merupakan produksi Italy, dan pemasangannya dilaksanakan di Fasharkan TNI AL Manokwari Papua Barat, yang merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut dan Panglima Koarmada III untuk memanfaatkan Fasharkan Manokwari sebagai salah satu Fasharkan di wilayah kerja Koarmada III yang mampu melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan KRI maupun KAL.

Selain itu proses pemasangan Meriam tersebut hingga uji coba penembakan dilaksanakan oleh Teknisi Asing/ Leonardo Italia, sekaligus memberikan training dan pelatihan kepada Teknisi Fasharkan Manokwari dan personel KRI sebagai pengawak Meriam 30mm.

Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 merupakan produksi Italy, mempunyai jarak jangkauan maksimalnya sekitar 3500 Meter, dan memiliki sistem yang canggih, karena dilengkapi kamera dan remot kontrol, serta mempunyai fungsi selain sebagai pertahanan permukaan antar kapal, dan juga untuk pertahanan udara baik dengan pesawat maupun rudal, dengan jarak 3,5 km.

Sumber: Dispen Koarmada III
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.