Dukung Perbaikan Kabel Laut SMPCS, Lantamal XI Merauke Laksanakan Pengamanan


MedanEkspress | Merauke - Lantamal XI membantu Pelaksanaan pengamanan perbaikan pada sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Timika - Merauke yang telah mengalami gangguan selama dua bulan oleh Cableship DNEX Pasific Link (DPL) atau kapal khusus untuk melakukan proses perbaikan kabel laut, sejak 23 Mei lalu.

Sebelumya layanan internet di Papua mengalami gangguan sejak 27 maret lalu yang disebabkan kerusakan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Timika-Merauke pada jarak 289 kilometer dari tepi pantai Merauke dikedalaman 59 meter (sekitar Pulau Dabo) yang mengakibatkan jaringan internet mengalami gangguan, proses perbaikan diharapkan beres pada akhir bulan Mei ini. 

Lantamal XI dalam kegiatan ini menerjunkan unsurnya yaitu Patkamla Satrol Lantamal XI, Lantamal XI juga bekerja sama dengan Unsur TNI AL dari Kolinlamil yaitu KRI Tanjung Kambani 971 yang sedang melaksanakan operasi di sekitar area perbaikan kabel bawah laut. Agar kapal-kapal lain tidak mendekat ke titik kordinat yang menjadi lokasi perbaikan dengan radius sekitar 2 NM. Terdapat dua titik putus yang mengalami kerusakan parah dalam proses perbaikan.

Dalam pengamanan tersebut juga terlibat unsur instansi lain yaitu dari Navigasi dengan melibatkan KN Antariksa dimana di dalam kapal tersebut onboard beberapa Personil Satrol Lantamal XI, yang bertolak dari pelabuhan merauke pada hari Jumat (27/05).

Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H di tempat terpisah menyampaikan “kegiatan pengamanan perairan Merauke yang sedang dilaksanakan merupakan salah satu tugas pokok Lantamal XI, khususnya dalam pengamanan perbaikan kabel yang sedang dilaksanakan Cableship DNEX Pasific Link (DPL) di perairan ruas Timika-Merauke yang sudah mengalami kerusakan sekitar dua bulan”Ungkap Danlantamal XI.

Lebih lanjut Danlantamal XI mengatakan “dukungan ini diberikan dalam rangka memperlancar kegiatan perbaikan kabel laut sehingga kegiatan perbaikan dapat selesai sesuai target dan jaringan komunikasi berjalan lancar seperti sedia kala setelah dua bulan mengalami gangguan, terlebih untuk kepentingan masyarakat banyak” tambahnya.

Hal ini selaras dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Jaga kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat Bangsa dan Negara. 

Sumber: Dispen Lantamal XI
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.