Unsur-Unsur KRI Koarmada II Terlibat SAR Penumpang Korban Laka Laut KM Ladang Pertiwi 02 di Selat Makassar


MedanEkspress | Selat Makassar - Sehubungan dengan terjadinya Laka laut yang terjadi di perairan Selat Makassar, Koarmada II Surabaya menurunkan unsur Kapal Perang dan Personel untuk melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap para korban KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Selat Makassar, Minggu (29/05/2022).

Kecelakaan laut KM Ladang Pertiwi 02 di perairan Selat Makassar pada koordinat 04 51,153 U – 117 36,596 T dengan posisi tenggelam ± 22 Mm dari P. Pemantauan dan 110 Nm dari Makassar. 

KM Ladang Pertiwi 02 pada tanggal 25 Mei 2022 pukul 17.00 Wita, berlayar dari Pelabuhan Paotere menuju Pulau Kalmas membawa Sembako dan Kerikil serta membawa 43 orang penumpang, kemudian kapal seharusnya tiba pada hari Kamis 26 Mei 2022 Pukul 16.00 dan dilaporkan tidak dapat dihubungi. Pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2022 pukul 08.10 Wita diterima laporan bahwa kapal sudah tenggelam dan sebagian penumpang di evakuasi oleh kapal yang melintas.

Adapun unsur Kapal Perang Koarmada II yang terlibat dalam pelaksanaan SAR, saat ini dalam BKO Guspurla dan Guskamla Koarmada II yaitu KRI SHN-366, KRI MLH-362, KRI MDU-622, KRI PRP-712. Selain melibatkan unsur KRI Koarmada II dalam pelaksanaan SAR ini  juga melibatkan unsur Pesud Puspenerbal dan KRI/KAL dari Lantamal VI Makassar, serta Personel Pos Pengamat (Posmat) Takalar.

Dari data terakhir pelaksanaan SAR pada hari ini KRI SHN-366 dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) berhasil menyelamatkan 2 orang (Ibu dan anak) atas nama Ibu Nur Hasanah, berusia 34 Tahun dan Adik Misbahul Hasan, usia 9 Tahun.

Selain itu dari MV. Pearl Orchid juga berhasil menyelamatkan 2 orang suami istri, atas nama Bapak Suparman usia 49 Tahun dan Ibu Damra usia 35 Tahun, selanjutnya kedua korban tersebut ditransfer ke KRI SHN-366.

Meneruskan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH, MAP, MTr.(Han), agar korban KM Ladang Pertiwi 02 di bawa menuju Pangkalan terdekat (Lanal Kotabaru). Selanjutnya Lanal Kotabaru agar menyiapkan penanganan Evakuasi Medis dan perawatan lanjutan.

Saat ini SAR masih berlangsung dan terus di koordinasikan dengan pihak Basarnas dan pihak terkait lainnya dalam melaksanakan pencarian terhadap sisa korban KM Ladang Pertiwi 02 yang belum di temukan.

Sumber: Dispen Koarmada II
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.