Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia, TNI AL Segera Bangun Pangkalan di Wilayah Sumenep


MedanEkspress | Sumenep - Guna medukung Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, TNI AL terus membangun kekuatan di sejumlah wilayah strategis tanah air. Salah satunya yaitu relokasi Pangkalan TNI AL Batuporon yang saat ini berada di wilayah Bangkalan Madura, menjadi Pangkalan TNI AL Madura yang akan berlokasi di wilayah Sumenep. 

Rencana tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat melaksanakan Kunjungan Kerja di Sumenep Madura, Minggu (29/05/2022).  

Pemindahan Lanal ini bukanlah tanpa alasan, sejumlah argumentasi yang mendasari langkah tersebut menjadi pertimbangan penting langkah TNI AL merealisasikan pangkalannya di Sumenep Madura, mulai dari Validasi Organisasi internal TNI AL.

Alasan strategis lainnya mengingat titik tersebut akan memudahkan daya jangkau unsur KRI, khususnya di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, hingga aspek perekonomian dimana Sumenep merupakan wilayah Madura dengan nilai investasi ekonomi yang tinggi, dan tentunya pada kondisi tersebut dibutuhkan pengamanan laut yang memadai. 

Diungkapkan oleh Laksamana TNI Yudo Margono bahwa, sebagai tindak lanjut dari rencana tersebut, TNI AL telah melaksanakan peninjauan dan semoga dalam waktu tidak lama lagi, Pangkalan TNI AL di Batuporon dapat direlokasi ke Sumenep.

“Pulau – pulau di Sumenep dilintasi ALKI II, yang merupakan jalur pelayaran internasional, sehingga perlu menghadirkan kekuatan TNI Angkatan Laut baik itu pangkalan maupun KRI TNI AL. Jika KRI akan patroli ke ALKI II dapat melaksanakan bekal ulang di Sumenep”, ungkap Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. 

Dalam kesempatan itu, pimpinan TNI AL tersebut bersama sejumlah pejabat tinggi TNI AL lainnya, melaksanakan peninjauan ke wilaya Kalianget yang nantinya akan dijadikan sebagai Pangkalan TNI AL (Lanal) Sumenep.

Sumber: Dispen Lantamal V 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label