Ingatkan Sejarah Leluhur, Satgas Yonif 123/RW Gelar Lomba Panahan dan Asah Bambu di Perbatasan Papua


MedanEkspress | Keerom - Mengingat akan sejarah bangsa dan para leluhur adalah suatu kewajiban bagi penerus bangsa, Presiden Pertama Ir. Soekarno berkata, Jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas merah). 

Kata itulah yang mendasari Prajurit Satgas Yonif 123/RW Pos Kondo mengadakan Lomba Panahan dan asah bambu atau menghidupkan Api dari gesekan bambu sebagai mana apa yang telah dilakukan leluhur Papua dahulu kala.

“Hal ini agar mengingat sejarah leluhur orang Papua terdahulu dan melestarikan Budaya orang Papua yang kebanyakan Masyarakatnya adalah Berburu” ucap Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P. Silaban pada rilis tertulisnya di Makotis. Kamis, 18/08/2022.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan, kegiatan perlombaan ini diadakan untuk memeriahkan dan memupuk rasa kebersamaan dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Hal ini merupakan bagian dari upaya Satgas untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan mempererat tali silatuhrahmi, guna meciptakan suasana kekeluargaan yang semakin erat khususnya dengan masyarakat Kampung,” ungkapnya.

Danpos Kondo Letda Inf Ariel Naibaho menambahkan. Kegiatan Lomba Tradisional masyarakat Papua ini dilaksanakan di Halaman Pos Kondo, yang diikuti oleh masyarakat Kampung Kondo Distrik Naukenjerai Kab. Merauke Papua.

“Antusias warga kampong Kondo sangat luar biasa, dan apa yang kami lakukan ini adalah salah satu ajakan kepada masyarakat untuk tidak melupakan sejarah, dan cinta akan budaya leluhur, serta cinta akan tanah air Indonesia”. Ucap Danpos penuh harap

Kepala Kampung Kondo, Bapa Elias Banggu (49) mewakili seluruh warga mengucapkan terima kasih banyak kepada personel Satgas Yonif 123/RW yang telah mengadakan perlombaan di kampung kami, “kami sangat senang juga bangga dengan perlombaan yang diadakan,” ucapnya.

Sumber: Pensatgas Yonif 123/RW
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.